Wali Kota Jakpus Harapkan Rooftop Jadi Lahan Urban Farming

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menanam bibit golden melon di rooftop Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (28/01). Foto: Annisa Qurrotul Aini

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengharapkan lahan rooftop yang ada di gedung maupun rumah warga dapat dijadikan lahan urban farming atau pertanian perkotaan.

Hal ini diungkapkannya, usai menanam bibit golden melon di rooftop Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (28/01).

"Kegiatan menanam di area rooftop ini diharapkan menjadi stimulus bagi perkantoran lainnya maupun rumah warga yang memiliki rooftop, agar memanfaatkan lahan tersebut untuk pengembangan urban farming serta mendukung program ketahanan pangan di DKI Jakarta," katanya.

“Karena keterbatasan lahan untuk pertanian di Jakarta. Maka pemanfaatan lahan di gedung-gedung itu bisa kita lakukan, dalam rangka mendukung ketahanan pangan,” imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kasudin Ketahanan, Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi menerangkan, selama ini pihaknya terus melakukan upaya sosialisasi urban farming di lahan terbatas. Bahkan pihaknya juga melakukan pembinaan terhadap para pegiat urban farming di wilayah Jakpus.

“Kita terus memberikan stimulus dan pembinaan baik kepada pegiat urban farming yang lama maupun pegiat urban farming yang baru,” terangnya.

Untuk diketahui, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma Dhany Sukma menanam lima bibit golden melon yang akan dipanen pada April 2022 mendatang.

Ia juga memanen 200 ikan nila di dalam kolam gizi yang ada di lokasi. Selain itu, diserahkan juga 200 kemasan bibit golden melon dari PT East West Seed Indonesia untuk para pegiat urban farming binaan Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat.