Wali Kota Jakpus Pantau Pintu Air Cempaka Mas

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma melakukan pemantauan di Pintu Air Cempaka Mas. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma melakukan pemantauan di Pintu Air Cempaka Mas, Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Sumur Batu, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/12).

Pemantauan pintu air Cempaka Mas dan juga lokasi bioswale ini dilakukan dalam rangka persiapan mengantisipasi banjir. Menurutnya, keberadaan pintu air dan juga bioswele bertujuan untuk mengantisipasi dampak musim penghujan di kawasan Jalan Letjen Suprapto.

"Jadi ketika di sana debit airnya tinggi maka ditampung di kolam olakan, lalu disedot untuk percepatan arus air yang berada di Cempaka Putih. Bioswele ini berguna untuk menyerap air saat hujan lokal," jelasnya didampingi Camat Kemayoran Asep Mulyaman.

Dhany menegaskan, saat ini kondisi pompa di Pintu Air Cempaka Mas dalam keadaan baik. Menurutnya, pompa tersebut merupakan pompa baru dengan kapasitas 5 ribu liter perjam. Sementara itu, nantinya tahun depan Pemkot Jakpus akan membangun embung dan bioswale di sisi sebrang Jalan Letjen Suprapto untuk pengendalian air.

"Insya Allah tahun depan kita akan mulai karena ini kan lagi proses Fasos-Fasum nya," tandas Dhany.