Wali Kota Jakpus: Persiapkan Musrenbang Dengan Baik

Reporter: Maulana | Editor: Shendy Adam Firdaus

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma memimpin Apel Pagi Aparatur Sipil Negara (ASN) secara hibrid Foto: Dwi Arif

Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar Apel Pagi Aparatur Sipil Negara (ASN) secara campuran (hibrid) baik luar jaringan (luring) dan dalam jaringan (daring) di Ruang Serbaguna, Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (24/1).

Dalam apel ini Wali Kota Jakarta Pusat, Dhany Sukma meminta jajarannya untuk mempersiapkan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dengan matang. Musrenbang akan berlangsung pekan ini dimulai dari tingkat Kelurahan.

"Saya meminta kepada suku dinas terkait untuk mempersiapkan dengan matang. Keberhasilan perencanaan di tahun ini akan menentukan keberhasilan program di tahun 2023," ucapnya saat memimpin apel.

Menurutnya meskipun di tahun 2023 menggunakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) baru tetap harus mencermati fenomena yang akan terjadi di tahun 2023. "Kita semua melihat perkembangan situasi pasca berakhirnya RPJMD di tahun 2022," katanya.

Dhany pun menegaskan jangan hentikan usulan musrenbang yang memang menjadi wewenang tingkat pusat. Ia meminta usulan tersebut diteruskan secara berjenjang, ke tingkat kecamatan, kota dan lanjut ke provinsi.

"Ketika itu urusan pemerintah pusat maka dibiayai oleh APBN dan ketika urusan daerah dibiayai oleh APBD. Jadi saya minta jangan hentikan usulan masyarakat yang memang kewenangannya ada di tingkat pusat, jangan berhenti di tingkat kelurahan," tegasnya.

"Ini menjadi perhatian serius bagi kita semua, minimal keberadaan kita itu benar-benar menjangkau seluruh lapisan masyarakat khususnya di Jakarta Pusat,"tandasnya.