Wali Kota Jakpus Tinjau Kali dan Pintu Air Cideng

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma beserta jajarannya meninjau Rumah Pompa Cideng. Foto: Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma beserta jajarannya melakukan peninjauan pekerjaan saluran u-ditch (saluran dari beton bertulang dengan bentuk penampang huruf U dan juga bisa diberi tutup) di Kali Cideng, Kelurahan Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Selasa (13/9).

Dhany mengatakan, dalam pengerjaannya memang menimbulkan perlambatan aliran air karena tersumbat akibat tanggul penghambat atau cek dam adalah bendungan kecil dengan konstruksi sederhana (urugkan tanah atau batu), dibuat pada alur jurang atau sungai kecil.

"Metode kerjanya memang harus di cek dam, setelah kering baru dipasang u-ditch, jadi ada sumbatan," katanya.

Dhany menuturkan nantinya saat musim penghujan dan debit air di kali tersebut tinggi maka cek dam akan dibongkar terlebih dahulu agar aliran tidak tersumbat.

"Ketika debit airnya tinggi mau tidak mau harus dibongkar dulu memang resikonya pekerjaan akan terhambat, tapi yang penting dampak di musim hujan itu bisa kita antisipasi," tuturnya.

"Kalau pengerjaan u-ditch ini selesai Insya Allah malah akan semakin lancar karena yang tadinya elevasinya ke bahwa satu meter ditambah lagi 2 meter ke bawah dengan u-ditch," imbuhnya.

Selain melakukan peninjauan Kali Cideng, lanjut Dhany, pihaknya juga melakukan peninjauan di rumah pompa Cideng yang berada di Jalan Belawan No.1 Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir. Untuk memastikan persiapan dalam menghadapi musim penghujan di akhir tahun ini.

"Kita cek bahwa pompa itu berfungsi dengan baik, ternyata pompa itu berfungsi dengan bagus, sehingga dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama air bisa mengalir dengan lancar," tutupnya.