Wali Kota Jakpus Tinjau Pembangunan IPAL Komunal di Wilayah Rawasari

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Peninjauan pembuatan IPAL Komunal. Foto: Annisa Qurrotul Aini

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma meninjau pembangunan IPAL Komunal dengan Biotank di wilayah Kelurahan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Jumat (9/12).

Dhany mengatakan, pembangunan ini untuk menunjang kota sehat maka kita harus bisa menekan angka orang yang Buang Air Besar (BAB) tidak di kakus yang sesuai dengan septic tank-nya.

"Kita coba gandeng dari Baznas Bazis Jakarta Pusat untuk kita membuat IPAL Komunal dengan Biotank-nya," kata Dhany.

Dhany menuturkan, ada beberapa rumah yang selama ini buangnya ke saluran ke kali, sekarang sudah bisa di kelola secara mandiri dengan menggunakan septic tank komunal.

"Nanti kalo ini tuntas berarti untuk Kecamatan Cempaka Putih sudah bisa kita di-clear, bahwa ini sudah kelurahan bebas buang BAB sembarangan," tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat Subarna mengungkapkan, ada tiga titik pembangunan komunal dalam pelaksanaan Open Defication Free (ODF).

"Baznas Bazis ikut berkolaborasi dalam pembangunan ini karena kita mendapat dana dari Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) serta dalam Islam itu kebersihan sebagian dari iman, sehingga kita ikut mengintervensi hal ini," ungkapnya.