Wali Kota Minta Piala Adipura Bukan Tujuan Utama

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma meminta jajaran Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) tidak menjadikan Piala Adipura sebagai tujuan keberhasilan wilayah.

Menurutnya, seharusnya kegiatan pemeliharaan lingkungan tidak hanya dilakukan saat Adipura. Sehingga nantinya Adipura bukan dijadikan tujuan tetapi suatu alat.

Dhany menjelaskan, jika Adipura dijadikan alat dapat digunakan untuk meningkatkan kesadaran warga Jakpus untuk menjaga lingkungan.

"Harus dibedakan yang mana tujuan mana alat, kalau Adipura dijadikan tujuan setelah tujuan tercapai, selesai. Contoh komposting yang sudah bagus dibuat saat Adipura, selesai Adipura jadi mengering," ungkapnya.

Selain itu, Dhany juga mengingatkan, upaya membangun lingkungan ini mulai dari aktivitas bank sampah hingga mengurangi sampah dari sumbernya bukan hanya tugas Sudin Lingkungan Hidup (LH) saja. Tetapi hal tersebut tugas bersama jajaran UKPD Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat.

"Saya minta ini jadi perhatian kita semua, karena Adipura bukan hanya tugas Sudin LH saja, tetapi tugas kita bersama," tandasnya.