Wali Kota Resmikan Puskesmas Rumah Susun Karang Anyar

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Peresmian Puskesmas Rumah Susun Karang Anyar. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma meresmikan Puskesmas Rumah Susun Karang Anyar, Jalan Karang Anyar Nomor 33, Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Sawah Besar, Jumat (28/10).

Dhany mengatakan, keberadaan Puskesmas Rumah Susun Karang Anyar  merupakan sesuatu yang telah didambakan sejak lama karena selama ini hanya mengandalkan puskesmas keliling.

"Sekarang ada aset Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang dikelola oleh Dinas Perumahan Rakyat di kawasan pemukiman yang disinergikan dengan program peningkatan derajat kesehatan masyarakat, ini merupakan upaya pemda dengan prinsip kolaboratif antar SKPD untuk mendekatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat," katanya.

Dhany menuturkan, dinas kesehatan akan memanfaatkan seefektif mungkin aset Pemprov DKI Jakarta khususnya pada area yang belum ada puskesmas.

"Jadi pemanfaatan aset itu menjadi kunci, sehingga tidak selalu berorientasi pada pembebasan, padahal aset kita itu banyak yang bisa kita garap dan salah satu contohnya, ini yang sekarang kita lakukan dengan aset Dinas Perumahan untuk urusan kesehatan," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti mengungkapkan, ini merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk hadir dan peduli terkait dengan kemudahan akses layanan kesehatan bagi warga DKI Jakarta khususnya di Kelurahan Karang Anyar.

"Saya memberikan apresiasi dan penghargaan setingginya kepada Pak Wali yang telah mendukung full hingga terealisasi, dan warga Karang Anyar bisa mendapatkan kemudahan akses kesehatan," ungkapnya.

"Ini adalah salah satu juga bentuk kolaborasi bukan hanya jajaran Dinkes saja tetapi kami bergandengan tangan dengan dinas perumahan rakyat terkait dengan pengadaan tempat Puskesmas Karang Anyar ini," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Provinsi DKI Jakarta Sarjoko mengaku senang dan menyambut baik kolaborasi ini, sehingga mengakomodir adanya puskesmas di dalam perencanaan pembangunan rumah susun.

"Prinsipnya kita berupaya untuk mendekatkan layanan ini kepada masyarakat, jadi kita sudah menyambut baik keinginan dari dinas kesehatan untuk bisa diakomodir di dalam perencanaan pembangunan rumah susun kita. Warga tinggal di suatu hunian vertikal tetapi juga diberikan dukungan layanan kesehatan atau bahkan pendidikan," ucapnya.

Dalam kegiatan ini Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat bersama Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Dinas Perumahan Provinsi DKI Jakarta berkeliling melihat layanan kesehatan yang diberikan dan menyambangi sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada di rusun tersebut serta melakukan penanaman pohon.