Wali Kota Terima Kunjungan Ketua Kwarda DKI Jakarta

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Kantor Wali Kota jadi tempat Kunjungan Kerja Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi DKI Jakarta. Foto: Sultan Adiputra PKL

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabica) Gerakan Pramuka menerima Kunjungan Kerja Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi DKI Jakarta.

Pertemuan tersebut berlangsung di Ruang Rapat Walikota, Kantor Wali Kota  Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (20/7).

Ketua Kwarda Gerakan Pramuka DKI Jakarta Fajar Pandjaitan mengatakan, kunjungan kerja ini sebagai penguatan kolaborasi antara Wali Kota Jakarta Pusat dengan Gerakan Pramuka baik pada Kwarda Provinsi DKI Jakarta, Kwartir Cabang (Kwarcab) Jakarta Pusat, hingga Kwartir Ranting (Kwaran) di delapan kecamatan se-Jakarta Pusat.

Selain menjadi ajang silaturahmi, Fadjar berharap kunjungan kerja bisa mendorong gerakan kepramukaan semakin maksimal lantaran mendapat pendampingan, pengawasan, dan dukungan moril baik dari Mabicab maupun Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) tingkat kecamatan se-Jakarta Pusat.

"Alhamdulillah Pak Wali memfasilitasi dengan baik dan bahkan akan memfasilitasi ranting-ranting di setiap kecamatan memiliki sekretariat di kantor camat," ucapnya.

Dalam kesempatan ini secara simbolis, diserahkan dana hibah dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kepada Kwarcab Jakarta Pusat dan delapan Kwaran se-Jakarta Pusat.

"Besaran dana hibahnya Rp 139 juta untuk Kwarcab dan 57 juta untuk Kwartir Ranting, dengan harapan wali kota dan camat sebagai pembimbing bisa memonitor kegiatan yang dibiayai sehingga dapat berjalan maksimal," harapnya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma memastikan Pemerintahan Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat akan mendukung penuh gerakan pramuka.

Menurutnya, pramuka merupakan organisasi yang cukup lama, memiliki jaringan cukup luas, dan menjadi acuan penting pembentukan karakter anak-anak.

"Membentuk karakter anak tidak cukup  hanya kognitifnya saja tetapi harus ditunjang dengan kecerdasan lainnya seperti, kecerdasan emosional, sosial dan spiritual bisa ditumbuhkan di gerakan pramuka ini," ucapnya.

"Insya Allah pramuka ini akan memberikan warna pada generasi kita," tutupnya.