Warga dan Kader Jumantik Kelurahan Pegangsaan Galakkan PSN

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Kegiatan PSN di wilayah Kelurahan Pegangsaan. Foto: pusat.jakarta.go.id

Demam berdarah dengue (DBD) sampai sekarang masih menjadi momok yang meresahkan bagi masyarakat, karena dapat menyebabkan kematian.

Untuk mencegah penyakit tersebut, warga dan para kader terus menggalakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di setiap wilayah Kelurahan Pegangsaan, termasuk di RW 07 yang memiliki 19 RT, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (8/7).

Lurah Pegangsaan Sendi Yusup Maulana yang memimpin langsung kegiatan ini mengungkapkan bahwa PSN rutin dilaksanakan setiap hari Jumat bergantian di setiap RW.

"Dalam satu minggu para kader juru pemantau jentik (Jumantik) dua kali keliling ke rumah warga untuk PSN dan juga mengajak warga melakukan PSN mandiri yaitu 3M," ungkapnya.

Dengan melibatkan pihak kelurahan dan Puskesmas Kelurahan Pegangsaan serta 27 kader Jumantik, Sendi mengungkapkan, tidak ditemukan jentik nyamuk saat pelaksanaan PSN di RW 07.

"Karena ada 19 RT Kita bagi beberapa tim. Alhamdulillah tidak ditemukan jentik nyamuk dari setiap rumah yang menjadi sampel dan kita periksa di wilayah RW 07 ini," ucapnya.

Sendi juga berharap dengan dilakukan PSN dan sambang wilayah oleh para kader Jumantik dapat mencegah penyakit DBD di wilayah Kelurahan Pegangsaan.

"Indikator keberhasilan kinerja Jumantik adalah angka bebas jentiknya jadi selama tidak ditemukan jentik-jentik, Insya Allah kasus DBD di wilayah kita tidak ada," tandasnya.