Warga Kenari Jalani Screening TB

Reporter: Nelly Marlianti | Editor: Andreas Pamakayo

screening TB di Kantor Kelurahan Kenari. Foto: Angga Rizkyanda

Ratusan warga Kelurahan Kenari, hari ini mengikuti screening TB di Kantor Kelurahan Kenari, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat.

Lurah Kenari Ojoh Juhariyah menerangkan, screening TB ini dijadwalkan untuk warga Kelurahan Kenari dan warga Kelurahan Kramat, termasuk PJLP, dan PPSU. Hari ini ada 200 orang yang akan di-screening TB, masing-masing kelurahan mendapatkan kuota 100 orang.

“Kita sudah informasikan sejak seminggu lalu, mereka juga merupakan binaan TB dari puskesmas kelurahan,” ungkapnya, Jumat (9/12).

Dalam kesempatan ini, Ojoh juga mengapresiasi program screening TB yang dilakukan Kementerian Kesehatan, melalui Sudin Kesehatan, Puskesmas Kecamatan dan Kelurahan yang sudah berkolaborasi untuk mewujudkan masyarakat sehat dan terbebas dari TB.

Nantinya, lanjutnya, bila hasil screening diketahui positif TB akan dilakukan pengobatan oleh puskesmas. “Jika ada yang memang terdeteksi akan rutin dicek puskesmas dipantau sampai berobatnya tidak terputus dan sampai sembuh kembali sesuai dengan aturan dokter,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kader TB Kelurahan Kenari Engkus mengatakan, untuk screening TB ini pihaknya menganjurkan para warga yang memiliki kontak dengan penderita TB untuk melakukan screening. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi penularan TB, sehingga Kelurahan Kenari terbebas dari TB.

Sebagai Kader TB, ia juga rutin mengecek warga agar disiplin dan minum obat teratur. “Keluarga udah terkena terus kemudian mereka kontak serumah karena tinggal serumah jadi kita bawa ke screening TB,” terangnya.

Salah satu warga Kenari, Aisyah mengaku, sangat senang dan terbantu dengan adanya screening TB gratis di Kelurahan Kenari ini. Ia melakukan screening TB akibat suaminya terkena TB dan sudah melakukan pengobatan rutin. “Saya merasa senang dan terbantu, Alhamdulillah hasilnya bagus tidak terkena TB,” katanya.