Wawasan Keagamaan Hadirkan Sinergi Bagi Kepentingan Masyarakat

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Wawasan keagamaan Islam di Masjid Al Hikmah Center, Kantor Kecamatan Sawah Besar. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) menekankan pentingnya silaturahmi antara tokoh agama dan para ASN dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kabag Kesra Setko Administrasi Jakarta Pusat Ahmad Zuhandi saat menghadiri kegiatan Pengembangan Wawasan Keagamaan Islam yang mengangkat tema "Menelusuri Nilai Nilai Kasih Sayang Dalam Hidup Rasullulah", di Masjid Al Hikmah Center, Kantor Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (19/10).

"Silahturahmi menghasilkan sinergi kebaikan-kebaikan, program-program yang intinya antara ulama kemudian ASN, kemudian pejabat itu mengambil keputusan untuk kepentingan bersama, kepentingan umat, dan kepentingan masyarakat," ujar Zuhandi di lokasi.

Ia melanjutkan, tema kegiatan wawasan keagamaan ini masih dalam suasana maulid, dan untuk kajian kitab kuning mengambil kitab dari lanah Ath-Thalibin yang mengandung pesan bahwa aparatur di samping sebagai seorang birokrat, juga memiliki kemampuan mengaji.

"Jadi tradisi di Jakarta walaupun sudah metropolis, megapolitan tapi tradisi membaca kitab kuning untuk masyarakat dan ASN tetap kita jaga, tetap kita tradisikan, tetap kita lestarikan," terangnya dalam kegiatan yang juga dihadiri Camat Sawah Besar, lurah se-Kecamatan Sawah Besar, ASN Kecamatan Sawah Besar, komunitas masyarakat, dan kader PKK.

Menurutnya, ke depan program ini akan tetap berlanjut, karena di tahun berikutnya sudah dianggarkan untuk keliling dan sudah terjalin kerja sama dengan forum ulama dan haba’ib. Diharapkan juga program ini memiliki implikasi positif kepada masing-masing pribadi ASN dan masyarakat sehingga terciptanya kota yang kondusif.