140 Lansia Cek Kesehatan di Posyandu RW 08 Petamburan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pengecekan kesehatan lansia di RW 08 Kelurahan Petamburan. Foto: Maulana

Puluhan warga lanjut usia (lansia) RW 08 Kelurahan Petamburan antusias mengikuti pos pelayanan terpadu (posyandu) yang diselenggarakan di halaman Musala Al Hidayah, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Rabu (8/2).

Sejak pukul 08.30 WIB terlihat para lansia sudah berbondong-bondong mendatangi posyandu. Sebelum dicek kesehatannya para lansia diajak senam dan menyanyikan mars posyandu.

Ketua Posyandu Hiber 1 RW 08 Sukini mengungkapkan, antusiasme para lansia tersebut didasari oleh keinginan untuk tetap menjaga kesehatan dan melakukan pola hidup sehat.

"Kita rutin sebulan sekali mengadakan posyandu lansia ini, kita juga rutin melakukan sosialisasi dan ajakan kepada para lansia untuk menghadirinya guna mengecek kesehatan. Alhamdulillah mau datang semua," ungkapnya saat ditemui disela-sela kegiatan.

Dalam posyandu lansia ini, lanjutnya, para lansia dicek berat badan, tinggi badan, lingkar pinggang, dan tensi darah. "Kadang ada juga penyuluhan dari puskesmas dan pengecekan gula darah, kolesterol serta asam urat. Di posyandu lansia ini total ada 140 lansia," ucapnya.

"Kita juga lakukan pemberian makanan tambahan (PMT) bagi para lansia yang sudah melakukan pengecekan kesehatan dengan gizi yang sudah direkomendasikan oleh pihak puskesmas," imbuhnya.

Sementara itu, warga RT 02 RW 08 Raminah mengaku senang selalu rutin mengecek kesehatannya di posyandu lansia bersama kelima temannya.

"Alhamdulillah bisa cek kesehatan jadi tahu kondisi kita, karena saya punya penyakit gula, kemarin habis operasi katarak," ucapnya.

Dia pun berharap posyandu lansia ini tetap berlangsung sehingga kesehatan para lansia bisa diketahui dan dikontrol. "Sudah bagus program posyandu lansia ini dan harus terus diadakan untuk para lansia seperti saya," tutupnya.