196 Lulusan PPKD Jakpus Ikuti Seleksi PT Nusapala Group

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Seleksi psikotes dan wawancara dalam rangka penempatan kerja di PT Nusapala Group. Foto: Malik Maulana

Pusat Pelatihan Kerja Daerah (PPKD) menjembatani 196 pelamar untuk mengikuti seleksi psikotes dan wawancara dalam rangka penempatan kerja di PT Nusapala Group.

Seleksi psikotes dan wawancara tersebut berlangsung di Kantor PPKD Jakarta Pusat (Jakpus), Kompleks Dinas Teknis Jatibaru, Jalan Taman Jatibaru No.1, RW.1, Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Selasa (7/2).

Kasatpel Pengendalian dan Pemasaran PPKD Kota Administrasi Jakarta Pusat Drajat mengatakan, kegiatan ini merupakan kolaborasi PPKD Jakpus dan PT Nusapala Group dalam rangka penempatan kerja lulusan PPKD Jakpus.

"Kita menjembatani mereka biar bisa bekerja setelah ikut pelatihan di PPKD Jakpus," ujar Drajat.

Dia melanjutkan, pelatihan dan penempatan kerja memang bagian dari tupoksi PPKD. Namun, hal tersebut juga harus didukung oleh kemampuan individu pencari kerja.

"Tergantung dari kemampuan anak juga, karena perusahaan punya penilaian sendiri," lanjut Drajat.

Drajat berharap, kegiatan kolaborasi seperti ini dapat berkesinambungan, dan tentunya dapat mengurangi pengangguran di Jakpus. Apalagi, lulusan PPKD memiliki nilai tambah karena diberikan bekal sertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) yang diakui masyarakat ekonomi Asean.

"Harapannya kita terus berkolaborasi dengan perusahaan untuk menerima lulusan PPKD Jakpus," harapnya.

Sementara itu, Tim Rekrutmen dan Training PT Nusapala Group Yusuf Angga menjelaskan, proses seleksi ini diikuti oleh 196 pelamar dari 40 posisi yang dibuka meliputi admin marketing, IT support, product design, teknisi AC, office boy, dan security.

"Proses tahapan awal ada psikotes dan screening terkait berkas yang disesuaikan dengan kualifikasi pelamar. Kemudian interview dengan HRD Nusapala. JIka lolos, lalu data dkirimkan ke user. Nanti di user akan di screening kembali baru interview user," jelas Yusuf.

Dia berharap dalam waktu relatif singkat Nusapala Group dapat membantu banyak pencari kerja dalam proses penyaluran tenaga kerja.

Informasi mengenai proses rekrutmen ini tentunya menjadi daya tarik dari para pencari kerja lulusan PPKD Jakarta Pusat. Salah satunya adalah Firliyanti, warga Bintaro Jakarta Selatan.

Dirinya mengetahui informasi seleksi penerimaan ini dari pihak PPKD Jakpus yang rutin mengupdate informasi pelatihan dan lowongan kerja melalui jejaring grup.

"Saya mau melamar sebagai admin, tapi karena admin untuk S1 dan saya SMK jadi saya coba posisi office girl," kata Firliyanti.

Firliyanti sangat berharap dirinya bisa lolos seleksi ini dan tentunya banyak pencari kerja yang mendapatkan pekerjaan melalui PPKD Jakpus.