200 Petugas Gabungan Bersihkan Trotoar Kawasan GBK

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Bersih-bersih trotoar di kawasan GBK. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir memimpin apel persiapan pembersihan pedestrian atau trotoar yang berlangsung di Pintu 1 Gelora Bung Karno (GBK), Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jumat (28/7) malam.

Chaidir mengatakan, kegiatan yang dilakukan malam ini untuk menjamu para tamu negara yang hadir di rangkaian acara KTT ASEAN yaitu dalam Mayors and Governors Meeting of the ASEAN Capital 2023 (MGMAC) dan ASEAN Mayors Forum (AMF) pada 1 hingga 2 Agustus, agar saat dilewati terlihat enak dipandang.

Menurutnya, ini merupakan hal mulia, karena kawasan GBK akan dilewati delegasi dari negara lain, sudah sepatutnya dihadirkan kebersihan dan keindahan yang dapat memukau para tamu negara tersebut.

“Lakukan ini semua dengan ikhlas agar hasilnya pun nyata, sudah sepantasnya kita sebagai tuan rumah memberikan yang terbaik, termasuk kebersihan lokasi yang akan dilewati para tamu negara tersebut,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Wakil Camat Tanah Abang Dwiarti Indri Utami menjelaskan, nantinya para tamu negara tersebut akan berkumpul di Hotel Fairmont, dan untuk Kecamatan Tanah Abang ini dibagi dalam tujuh zona pembersihan di kawasan GBK.

Untuk petugas yang dilibatkan, lanjut Dwiarti Indri, sekitar 200 petugas yang berasal dari pasukan pelangi, menggunakan sarana alat pembersihan dari PPSU, 2 unit mobil Gulkarmat, mobil penyapu jalan dari Sudin Lingkungan Hidup 2 unit, mobil Bina Marga 1 unit, SDA 1 unit, dan Tamhut 2 unit.

“Kita sudah jauh-jauh hari mempersiapkan untuk kegiatan ini, dan akan setiap hari kita lakukan untuk memberi kesan baik kepada tamu negara. Pembersihan lokasi setiap hari kita lakukan, termasuk juga penjangkauan terhadap PPKS di kawasan Tanah Abang, kita lakukan 2 kali dalam 1 hari,” ungkapnya.

Dwiarti Indri berharap, kegiatan bersih-bersih ini bukan hanya dalam menyambut tamu negara, tetapi memang dalam upaya memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat, dan masyarakat sudah sepantasnya ikut memelihara lokasi ini dengan tidak mengotorinya.