25 Calon Pengantin Ikut Seminar Sehat Generasi Berkualitas dan Bebas Stunting di Kecamatan Cempaka Putih

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Seminar Calon Pengantin (Catin) Sehat Generasi Berkualitas dan Bebas Stunting di Kantor Kecamatan Cempaka Putih. Foto: Malik Maulana

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cempaka Putih menggelar kegiatan seminar Calon Pengantin (Catin) Sehat Generasi Berkualitas dan Bebas Stunting atau tengkes, di Aula Kantor Kecamatan Cempaka Putih, Sabtu (15/7).

Kegiatan ini diikuti sejumlah 100 orang peserta yang terdiri dari 25 pasang catin, PKK kecamatan dan kelurahan, kader PKK serta para mitra dan CSR. 

Direktur RSUD Cempaka Putih Selvy Devita Anggeraini mengatakan, pencegahan stunting dapat dimulai dari calon pengantin karena, catin merupakan cikal bakal terbentuk keluarga. 

"Untuk itu, sebelum menikah catin mempersiapkan kondisi kesehatannya agar dapat menjalankan kehamilan sehat sehingga, dapat melahirkan generasi penerus sehat dan menciptakan keluarga sehat, sejahtera, dan berkualitas," jelasnya. 

Selain itu, lanjut Selvy, catin menjalankan premarital checkup atau pemeriksaan kesehatan pra nikah tindakan yang wajib dilakukan untuk mencegah masalah kesehatan pasangan dan keturunan kedepannya. 

"Langkah pemeriksaan kesehatan juga dapat mencegah kematian ibu, bayi, dan penyakit menular seksual," terangnya. 

"Kami mendukung aksi perubahan peningkatan kinerja promotif preventif perorangan di RSUD Cempaka Putih melalui layanan Calon Pengantin terintergrasi dengan tujuan catin sehat, generasi berkualitas, dan bebas stunting," ucapnya. 

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah menambah, kegiatan seminar ini sangat bagus karena mengentaskan stunting tidak hanya dari balita, tetapi dari calon-calon pengantin yang menghasilkan generasi penerus bebas stunting. 

"Kegiatan ini sangat bagus, ini pertama kalinya diadakan pendalaman materi bagi calon pengantin yang ingin menikah dan yang menjadi perhatian kita. Saya berharap tidak hanya di Cempaka Putih saja, tapi juga dapat dilaksanakan di kecamatan lainnya," tandasnya.