27 Organisasi Perangkat Daerah Ikuti Koordinasi Penanggulanan HIV

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

KPA Jakpus menggelar rapat koordinasi Seksi Dukungan dan Layanan. Foto: Faisal Magang

Komisi Penanggulangan Aids (KPA) Jakarta Pusat menggelar rapat koordinasi Seksi Dukungan dan Layanan (Dukyan) persiapan pertemuan membangun kemitraan dalam pembiayaan penanggulanan HIV/AIDS, di Ruang Serbaguna Utama Besar, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang 1, Gambir, Selasa (24/10).

Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris KPA Jakarta Pusat Asdirwati Ali mengatakan, koordinasi ini bertujuan untuk mengefektifkan upaya penanggulangan AIDS dalam rangka melindungi masyarakat dan memutuskan rantai penularan melalui pencegahan serta penanggulangan AIDS secara keseluruhan, luas, dan terpadu.

“Kegiatan ini diikuti oleh 27 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), serta Warga Peduli AIDS (WPA),” katanya.

Menurutnya, koordinasi ini juga membahas sekaligus mendata apa saja yang sudah dilakukan para OPD terkait dukungan dalam penanggulangan  HIV/AIDS sejak 2021-2023 baik dengan anggaran maupun tanpa anggaran.

“Hasilnya nanti akan kita laporkan ke Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, bahwa semua sektor di Jakarta Pusat telah mendukung kegiatan sosialisasi tentang HIV/AIDS,” tuturnya.

Sosialisasi ini, lanjutnya, sebagai target pencapaian menyongsong ending AIDS pada 2030 di tingkat nasional dan 2027 di tingkat Provinsi DKI Jakarta.

“Jadi untuk menyongsong 2027 dan 2030 tidak ada lagi kematian dan penularan, dan tidak ada lagi stikma diskriminasi kepada ODHIV,” imbuhnya.

Asdirwati berharap harapkan masing-masing OPD di Jakarta Pusat untuk bisa menyampaikan kegiatan-kegiatan para OPD untuk 2021-2023 kepada KPA Jakarta Pusat.

“Semoga ke depan progam sosialisasi tentang HIV/AIDS semakin digencarkan,” pungkasnya.