52 Hewan Peliharaan Divaksin Rabies di RPTRA Anggrek Rawasari

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Vaksin rabies di RPTRA Anggrek, Jalan Rawasari Selatan. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Perkumpulan Kinologi Indonesia (Perkin) menggelar vaksinasi rabies gratis di RPTRA Anggrek, Jalan Rawasari Selatan RT 16/02, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (14/8).

Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti mengatakan, vaksinasi bagi hewan peliharaan bertujuan untuk mencegah rabies sekaligus mempertahankan DKI Jakarta bebas rabies. “Ini upaya kami untuk mempertahankan Jakarta zero rabies,” kata Penty. 

Dalam pelayanan tersebut, lanjut Penty, selain Perkin pihaknya juga menggandeng Minino yang merupakan brand pakan kucing dan anjing, untuk memberikan produk secara gratis kepada hewan yang sudah terlayani vaksinasi.

“Total kami berhasil layani 52 Hewan Penular Rabies (HPR) terdiri dari 12 ekor anjing, dan 40 ekor kucing. Untuk dokter hewan kita kerahkan dua orang,” tuturnya. 

Penty berharap pemilik hewan kesayangan agar dapat membawanya vaksinasi secara periodik atau satu tahun sekali baik di pelayanan vaksinasi gratis milik pemerintah maupun di klinik. 

“Vaksinasi ini adalah bentuk tanggungjawab pemilik terhadap hewan peliharaanya serta lingkungannya,” terang Penty. 

Sementara itu, Camat Cempaka Putih Fauzi mengapresiasi Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat sebagai leading sektor di Jakarta Pusat untuk mempertahankan Jakarta zero rabies. 

“Tentunya saya mengimbau warga untuk memvaksin HPR-nya baik di klinik maupun ikut vaksinasi gratis dari Sudin KPKP Jakarta Pusat,” imbuhnya. 

Di tempat yang sama, Edo warga RT08/08 Kelurahan Rawasari mengucapkan terima kasih kepada Pemprov DKI Jakarta yang telah membuat program vaksinasi rabies gratis. 

“Harapan vaksinasi rabies ini bisa ke wilayah lainnya. Sehingga akan banyak pemilik hewan yang merasakan manfaatnya,” tutupnya.