Adaptasi Penerapan Teknologi Informasi Dalam Kembangkan Strategi Dakwah

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pemberian plakat saat Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) I PD Persatuan Islam (Persis). Foto: Maulana

Musyawarah Kerja Daerah (Mukerda) I PD Persatuan Islam (Persis) berlangsung, di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Minggu (5/2).

Dalam Mukerda yang bertajuk "Aktualisasi Jihad Jam'iyyah" dengan dakwah strategis menyambut 1 Abad Persis, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany sukma menceritakan dinamika organisasi Persis yang berkesinambungan dan arah pergerakannya mengikuti perkembangan situasi, sehingga bisa tetap eksis hingga saat ini.

Maka, Dhany meminta, Persis saat ini juga harus bisa beradaptasi dengan situasi dan teknologi yang berkembang, karena masyarakat dihadapkan dengan situasi lingkungan di mana teknologi informasi tidak dapat dibendung.

"Kita harus ambil bagian dalam menghadapi situasi yang berkembang saat ini, kalau dulu arah perjuangan lebih banyak pada buku-buku, majalah, dan pamflet, kalau sekarang kita harus beradaptasi dengan penerapan teknologi informasi untuk pengembangan strategi dakwah kita agar tidak terjadi mudarat," katanya saat memberikan sambutan.

Mengapa demikian, menurutnya, agar ruang teknologi tidak dimanfaatkan hanya untuk kepentingan yang negatif saja maka Persis harus ambil bagian.

"Ini merupakan sebuah tantangan yang harus kita lakukan, sudah tidak lagi kita berorientasi kepada pemikiran-pemikiran tetapi sudah harus mengaktualisasikannya," tuturnya.

Dhany menegaskan, sebagai generasi saat ini harus mampu melanjutkan cita-cita perjuangan para pendahulu dikaitkan dengan konteks yang semakin berkembang.

"Ajarilah anakmu mengenal Al-Qur'an dan hadits sesuai dengan zamannya, zaman pasti berubah maka strategi kita juga harus berubah, kita harus beradaptasi dengan perubahan zaman tersebut. Saya yakin Persis mampu beradaptasi dan mampu menjalankan platform organisasi, sehingga mampu memberikan yang terbaik dalam menebarkan kebaikan," tandasnya.