Asekbang Buka Kursus Kepemimpinan Dasar Pemuda Katolik

Reporter: Angga Rizkyanda | Editor: Andreas Pamakayo

Asekbang buka kegiatan Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) Pemuda Katolik Komisariat Cabang Jakarta Pusat. Foto: Angga Rizkyanda

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mewakili wali kota membuka kegiatan Kursus Kepemimpinan Dasar (KKD) Pemuda Katolik Komisariat Cabang Jakarta Pusat Tahun 2023, di salah satu hotel kawasan Kecamatan Tanah Abang, Sabtu (30/9).

Dalam kesempatan ini, Asekbang mengapresiasi inisiatif Pemuda Katolik Komisariat Cabang Jakarta Pusat dalam menyelenggarakan kegiatan yang bermanfaat untuk mempersiapkan generasi muda menjadi pemimpin yang berintegritas, berwawasan luas, dan siap menghadapi tantangan masa depan. 

“Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia penyelenggara, pembicara, dan peserta yang telah berpartisipasi dalam acara ini. Semoga kursus kepemimpinan ini akan memberikan wawasan dan keterampilan yang berharga bagi kita semua,” ujarnya. 

Menurutnya, tema yang diangkat pada kegiatan ini sangat relevan dengan perkembangan zaman karena era digital membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pembentukan kepemimpinan. 

“Karena itu, sangat penting bagi kita untuk mempersiapkan diri dengan baik agar bisa bersaing dan berkontribusi positif dalam masyarakat yang semakin digital ini,” tuturnya. 

Untuk itu, lanjutnya, Pemuda Katolik memiliki peran penting dalam membangun masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai kebaikan, cinta kasih, dan solidaritas. Serta, harus menjadikan ajaran agama sebagai landasan moral dalam setiap tindakan, terutama dalam kepemimpinan. 

“Saya berharap kursus kepemimpinan ini dapat menjadi wahana bagi semua untuk dapat memahami lebih dalam nilai-nilai tersebut dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Sebagai informasi, Kursus Kepemimpinan Dasar Pemuda Katolik Komisariat Cabang Jakarta Pusat bertema “Pemuda Katolik yang Solid dan Siap Bersaing di Era Digital” ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 30 September hingga 1 Oktober 2023.

Kursus Kepemimpinan Dasar ini diikuti sebanyak 30 peserta yang berasal dari Pemuda Katolik wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Turut hadir, Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setko Administrasi Jakarta Pusat Ahmad Joehandi, dan Camat Tanah Abang Dicky Suherlan.