Asekbang Hadiri Penutupan Pesparani Katolik Tingkat Nasional

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pelaksanaan penutupan Pesparani Katolik Tingkat Nasional. Foto: Malik Maulana

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting menghadiri penutupan Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani) Katolik Tingkat Nasional III yang berlangsung di kawasan wisata Ancol, Selasa (31/10).

Pesta paduan suara ini diselenggarakan atas kerja sama Ditjen Bimas Katolik dengan Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesparani Katolik Nasional (LP3KN).

Pesparani Katolik adalah aktivitas seni budaya masyarakat Katolik dalam bentuk pagelaran dan lomba musik liturgi dan nyanyian. Tujuan ajang ini adalah mengembangkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan masyarakat Katolik terhadap ibadah/liturgi gerejani.

Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, dari Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Pesparani ke-3 Tahun 2023 sebagai bagian daripada komponen bangsa dan turut mendoakan kegiatan ini berjalan dengan sukses. 

Asekbang juga berharap kegiatan ini terus digelorakan semangat memberikan kidung kepada seluruh negeri karena melalui nyanyian dapat memberikan suatu kedamaian. 

"Lewat lantunan nyanyian terdapat  pesan moral yang luar biasa dalam mempersatukan anak bangsa untuk mengisi mewujudkan pembangunan dari sebuah lomba nyanyi lagu rohani,” harapnya.

Untuk diketahui, ada 13 cabang yang akan dilombakan dalam Pesparani Katolik III. Ke-13 cabang ini terbagi dalam empat kategori yaitu, paduan suara, menyanyikan mazmur, cerdas cermat rohani, dan tutur kitab suci.

Pesparani diikuti kontingen dari 38 provinsi yang terdiri dari peserta lomba, dirigen, pelatih, organis, dan ofisial. Setiap kontingen mengirimkan maksimal 250 orang.