Asekbang Ikuti Kunjungan Lapangan Persiapan Sambut Tamu Negara KTT ASEAN

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Kunjungan lapangan persiapan beautifikasi jalur pergerakan Leaders KTT ke-43. Foto: Maulana

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting bersama Kepala Bagian (Kabag) Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Martua Sitorus mengikuti kunjungan lapangan persiapan beautifikasi jalur pergerakan Leaders KTT ke-43, Rabu (23/8).

Kunjungan lapangan yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diawali dengan mengunjungi bandara Soekarno Hatta untuk memastikan kesiapan bandara menyambut para tamu-tamu negara pada KTT ASEAN September 2023 mendatang dan dilanjutkan melihat kondisi jalan-jalan yang akan dilintasi para tamu negara tersebut.

Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, dalam kunjungan lapangan untuk Jakarta Pusat tidak ada yang spesifik harus dibenahi tetapi hanya perlu penambahan-penambahan sedikit.

"Jakarta Pusat hanya perlu penambahan beautifikasi saja dan mungkin umbul-umbul yang nanti diberikan dari panitia, untuk sarana dan prasarana sudah bagus," katanya.

Asekbang menambahkan, perhatian selanjutnya akan difokuskan di depan Hotel Sultan di mana akan lebih dipercantik dan dilakukan penataan-penataan dan perapian, mulai dari taman, umbul-umbul, serta kabel.

"Jakarta Pusat sudah siap menyambut para tamu-tamu negara dan memang sudah sejak lama kita persiapkan ini seperti semalam kita mengerahkan pasukan pelangi untuk membantu pembersihan trotoar dan sarpras," ucapnya.

Menurut Bakwan Ferizan Ginting, sampai tiba waktunya pihaknya akan terus meningkatkan beautifikasi-nya dan akan berkordinasi dengan pengelola gedung di Thamrin dan Sudirman serta sekitar lokasi KTT ASEAN untuk ikut menyemarakan KTT ASEAN dengan memasang umbul-umbul dan juga membersihkan lingkungan sekitarnya.

"Kita dari Pemkot Administrasi Jakarta Pusat mendukung penuh dengan mengerahkan sumber daya yang ada mulai dari sudin-sudin, kecamatan, kelurahan, dan masyarakat kita ikut sertakan dalam mensukseskan KTT ASEAN ini," jelasnya.

Dalam kunjungan lapangan tersebut turut dihadiri Kasudin SDA Kota Administrasi Jakarta Pusat Mustajab, Kasudin Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Pusat Muhammad Soleh, dan Kasudin Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat Slamet Riyadi.