Asminkesra Buka Gebyar RPTRA di Cideng

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Asminkesra membuka penyelenggarakan Gebyar RPTRA Tingkat Kota. Foto: Malik Maulana

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Setko Jakarta Pusat M. Reza Phahlevi membuka penyelenggarakan Gebyar RPTRA Tingkat Kota.

Acara gebyar tersebut berlangsung di RPTRA Kenanga, Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Selasa (14/3).

Reza mengatakan, RPTRA merupakan ruang dialog bagi warga, RPTRA di Jakarta adalah sebuah upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dua konsep utama yang dikembangkan yaitu, ruang publik ramah anak dan ruang terbuka hijau.

"Ada empat fungsi yang dikembangkan di dalam pengelolaan RPTRA. Pertama adalah fungsi lingkungan hidup dan ketahanan pangan, kedua sosial kemasyarakatan, ketiga fungsi edukasi dan sosialisasi, keempat fungsi ekonomi kerakyatan dan pemberdayaan pengembangan,” jelasnya.

Reza juga berharap dengan kegiatan ini menjadi ajang kreativitas bagi anak-anak kedepannya. Terlebih ada berbagai perlombaan untuk dapat mengembangkan potensi pada diri anak. 

“Tentu lomba ini kita harapkan menjadikan sebagai ajang bagi anak-anak kita untuk mengembangkan kreativitasnya. Kompetisi yang ada di RPTRA juga dapat kita kembangkan hingga kota Jakpus dapat berlomba di ajang tingkat provinsi,” ungkapnya.

Sementara itu, di tempat yang sama Plt Kasudin PPAPP Kota Administrasi Jakarta Pusat Hendry Notvrizal menjelaskan, ada berbagaiacam perlombaan seperti, menari, menggambar, menyusun lego, futsal, dan lomba kinerja RPTRA.

“Jadi lomba ini biasanya rutin dilakukan dan sempat terhenti karena pandemi Covid-19. Dulu sebelum pandemi kita pemegang juara bertahan, pada skala provinsi. Jakarta Pusat memegang gelar juara bertahan Gebyar RPTRA Tahun 2019-2020,” ungkapnya.

Hendry pun berharap dengan kegiatan ini muncul juara-juara dari berbagai bidang seperti, menggambar, menari dan sebagainya. "Kegiatan ini juga semacam pemenuhan hak anak dalam rangka tempat bermain. Pemanfaatan ruang bermain anak ini barangkali bisa optimalnya dengan adanya RPTRA di Jakarta Pusat,” tutupnya.