Aspem Mengukuhkan 28 Paskibraka PKB-PPK di Tugu Proklamasi

Reporter: Zaki | Editor: Iman

Aspem Mengukuhkan 28 Paskibraka PKB-PPK di Tugu Proklamasi, Foto: Zaki

Aspem Mengukuhkan 28 Paskibraka PKB-PPK di Tugu Proklamasi

Asisten Pemerintahan (Aspem) Setko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany mengukuhkan 28 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Persatuan Keluarga Besar Pelajar Pejuang Kemerdekaan (PKB-PPK), di Tugu Proklamasi, Menteng, Rabu (16/8).

Pengukuhan ditandai dengan penyematan pin kepada 28 anggota paskibraka yang akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada perayaan HUT ke-78 RI pada tanggal 17 Agustus 2023 di kawasan yang sama.

Denny menuturkan, ini merupakan paskibraka yang dimotori oleh penerus Persatuan Keluarga Besar Pelajar Pejuang Kemerdekaan (PKB-PPK) dalam rangka menyemarakkan kemerdekaan RI.

“Kita sambut baik kegiatan bersejarah ini, ini merupakan agenda tahunan yang rutin dilakukan, kegiatan ini juga sebagai bentuk rasa untuk mengenang para pejuang yang membantu dalam merebut kemerdekaan RI,” tuturnya didampingi Kasuban Kesbangpol Jakarta Pusat Rachmat Hidayat dan Camat Menteng Suprayogie.

Denny menambahkan acara ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilaksanakan dari siang hari berupa napak tilas perjuangan para pahlawan kemerdekaan. Dan malam harinya ada renungan serta pelantikan para anggota paskibraka ini.

“Bagi adik-adik yang akan mengibarkan bendera merah putih besok pagi, ini adalah hasil seleksi, artinya banyak yang ingin bergabung untuk mengibarkan bendera di Tugu Proklamasi ini. Dan bagi mereka yang sudah terpilih, tolong jaga amanah ini, laksanakan tugas dengan sebaik mungkin, terlebih setelah kita sematkan pin, itu artinya tanggung jawab ada didirinya,” jelasnya.

Sementara itu, di lokasi yang sama, Andryan Purnama salah seorang panitia menambahkan, 28 paskibrak ini berasal dari generasi ketiga dan keempat  dari PKB-PPK dan juga dibantu dari siswa SMAN 68 Jakarta.

Untuk pelatihan para anggota paskibraka ini, ia melanjutkan, sudah dilakukan sejak bulan Juni lalu dengan pola latihan satu minggu sekali.

“Besok akan dilaksanakan upacara pengibaran bendera pukul delapan pagi, kita mengharapkan khususnya bagi para generasi ketiga dan keempat untuk dapat berkontribusi melanjutkan nilai-nilai perjuangan dari para eyang-eyangnya,” tutupnya.

(Zaki)