Bank Indonesia Buka Loket Penukaran Uang Baru di Kantor Wali Kota Jakpus

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat dan Sekko menukarkan uang baru di mobil keliling milik BI. Foto: Malik Maulana

Menjelang Hari Raya Idulfitri kebutuhan penukaran uang baru meningkat. Bank Indonesia (BI) sebagai lembaga yang berwenang dalam mencetak uang rupiah membuka layanan loket penukaran uang baru dengan mengerahkan mobil kas keliling, di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (4/4).

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir dalam kesempatan tersebut menerangkan, mobil kas penukaran uang keliling milik Bank Indonesia ini sengaja dihadirkan untuk mempermudah pegawai di lingkungan kantor wali kota menukarkan uang baru untuk kebutuhan Idulfitri.

"Tuker uang ini kan biasanya tradisi setiap bulan suci Ramadan menjelang Hari Raya Idulfitri ya. Jadi untuk masyarakat yang ada di sekitar Jakpus khususnya ASN yang ada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat tidak perlu repot antre ke tempat lain atau ke bank," ucap Chaidir didampingi Sekko Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin saat meninjau loket penukaran uang, Selasa (4/3).

Chaidir juga menjelaskan dengan adanya layanan jemput bola penukaran uang ini, mencegah para ASN untuk mengajukan izin di jam kerja dengan dalih menukarkan uang di bank.

"Kalo keluar jauh mengganggu kinerja para ASN. Nanti alasannya tukar uang baliknya sore, nanti jadi bermasalah di absensi dan kinerja," ujarnya.

Untuk diketahui, mobil kas keliling penukaran uang di kantor wali kota hanya berlangsung 1 hari pada tanggal 4 Maret 2023 dengan jam pelayanan pukul 10.00-14.00. Kuota penukaran uang maksimal adalah senilai 3,7 juta per orang.