Baznas Bazis Jakpus Berikan Bantuan Ramadan Kepada 1.400 Mustahik

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Bazis Baznas Kota Administrasi Jakarta Pusat menyalurkan bantuan Ramadan kepada mustahik. Foto: Angga Rizkyanda

Bazis Baznas Kota Administrasi Jakarta Pusat menyalurkan bantuan Ramadan kepada guru honorer, guru ngaji, guru TPA, marbut masjid, dan juga dai, di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (18/4). 

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Kota Jakarta Pusat Reza Fahlevi mengatakan, tentunya dengan bantuan yang diberikan senilai 1 juta rupiah (700 ribu berbentuk uang dan 300 ribu berbentuk sembako) sangat bermanfaat, dan dapat membantu para penerima.

“Nilai (bantuan) yang diberikan di bulan Ramadan khususnya di 10 hari terakhir ini akan membawa keberkahan, dibandingkan uang yang diberikan setelah lebaran. Ini juga sebagai bentuk tali kasih kita para pegawai pemerintah daerah dengan masyarakat,” ucapnya.

Selain itu, Reza menambahkan, pihaknya mengapresiasi Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat yang berkolaborasi dengan warung sembako milik masyarakat untuk pengadaan bantuan ini.

“Ini yang kita bilang kolaborasi dengan masyarakat atau dengan tetangga, ke depan kita harus beli di warung-warung, mereka juga berjualan untuk bertahan hidup, jadi jangan melulu belanja di ritel-ritel besar,” ujarnya.

Terakhir, Reza berharap, pendistribusian bantuan ini tiap tahun harus tetap berjalan, dan tahun depan jumlah bantuan serta penerima mustahik dapat meningkat.

Di lokasi yang sama, Koordinator Bazis Baznas Kota Administrasi Jakarta Pusat Subarna menuturkan, penyerahan bantuan ini hanya wilayah Jakarta Pusat yang berani melaksanakannya sebelum Idulfitri.

“Jadi dana yang terkumpul itu dari masyarakat dan kembali ke masyarakat. Selain itu, (bantuan berasal) juga dari 2,5 persen tunjangan kinerja para ASN yang disetorkan ke kami,” katanya.

Menurutnya, terdapat peningkatan kouta penerima bantuan, tahun lalu sebanyak 700 orang dan untuk tahun ini menjadi 1.400 orang, artinya naik dua kali lipat. 

“Ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun, untuk tahun ini kita pertahankan nilai bantuannya sebesar 1 juta per-orang.  Namun, jumlah penerimaannya kita tingkatkan,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang penerima bantuan yang bertugas sebagai marbut Masjid Al Fauz Yuni mengucapkan syukur sekaligus, terima kasih atas penyerahan bantuan ini.

“Senang Alhamdulillah, namanya rezeki dapat bantuan ini, lumayan buat keperluan Idulfitri. Terima kasih Bazis udah berbagi rezeki buat marbut kaya saya ini,” tutupnya.