Baznas Bazis Jakpus Berikan Bantuan Uang Tunai Kepada 1.000 Guru

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wawali menyerahkan bantuan uang tunai kepada guru. Foto: Maulana

Dalam rangka memperingati Hari Guru, Baznas Bazis memberikan bantuan uang tunai kepada 1.000 guru yang ada di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat

Penyerahan bantuan yang berlangsung mulai 22-23 Desember 2023 ini diawali dengan pemberian secara Simbolis oleh Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir kepada empat orang perwakilan guru yang disaksikan ratusan guru lainnya, di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (22/12).

Dalam sambutannya, Chaidir mengatakan, ini merupakan kegiatan lanjutan dari apresiasi dan penghargaan kepada para guru yang diambil dari zakat dan infak para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kota Administrasi Jakarta Pusat.

"Dari sanalah (zakat dan infak) didapat lalu diberikan kepada para guru untuk  menciptakan atau mengikat kasih sayang dan kesejahteraan bersama antara para guru dan ASN. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pemberian apresiasi kepada para guru yang sudah dilakukan pada bulan lalu dan hari ini bertepatan dengan Hari Ibu diberikan kepada guru-guru yang belum mendapatkannya," katanya.

Sementara itu, Koordinator Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat Subarna dalam laporannya menerangkan bahwa Hari Guru diperingati pada 25 November 2023 namun, proses pengumpulan data cukup banyak karena ada 1.000 guru yang diberikan bantuan.

"Bantuan ini tidak dilakukan di wilayah lain, sebelumnya pada Bulan Ramadhan lalu kita memberikan bantuan serupa kepada para guru namun, masih banyak guru yang belum mendapatkan bantuan. Maka pada rapat anggaran di semester kedua kita usulkan bantuan guru dan terlaksana pada hari ini. Alhamdulillah disetujui di angka 500 juta dengan total 1.000 orang," terangnya.

Subarna mengungkapkan, Insyaallah Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat yang telah diamanahkan oleh para ASN di Jakarta Pusat akan selalu amanah untuk kebermanfaatan bagi masyarakat.

"Tentunya dana yang kami salurkan pada hari ini bersumber dari dana TKD ASN 2,5 persen yang setiap bulannya dipotong atau ditunaikan ke Baznas Bazis. Doakan ASN senantiasa dalam lindungan Allah SWT. Mudah-mudahan apa yang kita laksanakan dan sampaikan kepada ibu-bapak pada hari ini bisa bermanfaat," jelasnya.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri, Wakil Ketua I Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta KH. Nur Alam Bachtir, Kabag Umum dan Protokol Istya Sati Murmendyah serta para Kasatpel Sudin Pendidikan Wilayah 1 dan 2 se-Jakarta Pusat.