Binaan Sudin PPKUKM Jakpus Ikut Pelatihan BNI Xpora

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Binaan Sudin PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Pusat mengikuti pelatihan BNI Xpora. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat berkolaborasi dengan BNI menggelar pelatihan BNI Xpora (digital platform) yang diikuti UMKM binaan dari Suku Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM). 

Pelatihan bagi para UMKM ini berlangsung selama 1 hari, di Kantor BNI, Cabang Kramat, Jalan Kramat Raya, Kecamatan Senen, Jakarta Pusat, Kamis (12/10). 

Pemimpin Kantor Cabang Kramat PT BNI 46 Tbk Bagus Suhandoko menjelaskan, BNI Xpora adalah digital platform dari BNI hasil dari transformasi dan kreasi BNI untuk mensejahterakan pengusaha-pengusaha kecil di Indonesia. 

“BNI Xpora sebuah one stop shopping solution bagi para UMKM yang ingin mengembangkan bisnisnya menuju UMKM Go Productive, Go Digital, dan Go Global," jelasnya. 

Untuk itu, lanjut Bagus, BNI mendukung penuh para pelaku usaha, tidak hanya pada pelatihan melainkan juga pendampingan meliputi pendataan keuangan, hingga pemasaran. 

“Dengan pendampingan tersebut diharapkan produk para pelaku usaha dapat semakin dikenal di negara-negara lainnya,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Sudin PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Pusat Neli Rachmawati menambahkan, tujuan pelatihan ini untuk melatih para binaan sehingga dapat menyasar pasar ekspor. Sebab, UMKM telah menyumbangkan 61 persen Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional dan telah menyerap 97 persen tenaga kerja.

“Total ada 30 binaan yang dilatih. Mereka sebelumnya telah dikurasi oleh Dinas PPKUKM DKI Jakarta, dengan grade A dan B,” terangnya. 

Menurutnya, pelatihan yang berlangsung 1 hari ini membahas materi-materi penting tentang tara cara memasuki pasar ekspor, sehingga para binaan bisa go digital dan go global

“Harapannya peserta dapat mengikuti dengan baik selama 1 hari dan dapat menangkap peluang usaha untuk pasar ekspor,” pungkasnya.