Bursa Kerja di Mal Thamrin City Sediakan 2.100 Lapangan Pekerjaan

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Pembukaan bursa kerja di Mal Thamrin City. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Sudin Nakertransgi) Kota Administrasi Jakarta Pusat untuk kali ketiga Tahun 2023 kembali menggelar bursa kerja di Mal Thamrin City, Kecamatan Tanah Abang, Rabu (8/11).

Kegiatan bursa kerja ini diselenggarakan selama dua hari mulai tanggal 8 sampai 9 November pukul 10.00 hingga 16.00 WIB, dengan biaya masuk gratis.

Bursa kerja ini dibuka langsung oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma yang menargetkan dalam dua hari pelaksanaan dapat menggaet pengunjung lebih besar dari sebelumnya, yakni, 3.000 pencari kerja.

Sementara lowongan yang tersedia dalam bursa kerja kali ini, lanjut Dhany, sekitar 2.100 lapangan pekerjaan, yang nantinya akan dipertemukan antara pencari kerja dan pengguna tenaga kerja secara langsung.

“Berdasar hasil evaluasi di Agustus 2022 melalui survei BPS, Jakarta Pusat untuk angka pengangguran berada diangka 5,8 persen. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini yang sudah dilaksanakan tiga kali dalam satu tahun dapat menekan angka pengangguran, khususnya di wilayah Jakarta Pusat,” katanya.

“Saya juga mengapresiasi langkah Sudin Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat yang tidak hanya menggelar bursa pencari kerja saja namun, juga menyediakan pelatihan-pelatihan untuk mendukung kemandirian dalam berwirausaha UMKM, sehingga nantinya angka pengangguran dapat berkurang dengan penyediaan lapangan pekerjaan dari masing-masing diri kita yang memiliki usaha,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasudin Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat Sudrajat menambahkan, untuk bursa kerja kali ini diikuti sebanyak 40 perusahaan.

Dari pengalaman pada pelaksanaan bursa kerja yang sebelumnya, Sudrajad menerangkan, sekitar 90 persen pencari kerja mendapatkan pekerjaan sesuai posisi yang dilamarnya.

“Saya berharap angka pengangguran akan semakin berkurang, dan juga dari segi Jakpreneur yang menjadi binaan kita tentu dapat terus eksis dengan barang jualannya masing-masing,” tutupnya.