Calon Paskibraka Tahun 2023 Ikut Pembekalan Nilai Pancasila

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Calon Paskibraka Jakarta Pusat Tahun 2023 mengikuti pembekalan Pancasila dan wawasan kebangsaan secara daring. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Dalam rangka menambah dan menguatkan pengetahuan, puluhan Calon Paskibraka Kota Administrasi Jakarta Pusat Tahun 2023 mengikuti pembekalan Pancasila dan wawasan kebangsaan secara daring, di Ruang Serbaguna Besar, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (11/8) malam.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kasuban Kesbangpol) Kota Administrasi Jakarta Pusat Rachmat Hidayat mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 44 orang calon paskibraka serta diprakarsai dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) yang merupakan kaki tangan dari Presiden RI dalam pembinaan kepancasilan.

“Jadi dari BPIP sudah menyiapkan narasumber yang memiliki kompetensi memberikan pengarahan dan juga materi terkait dengan Pancasila dan wawasan kebangsaan,” katanya.

“Memang yang diharapkan adik-adik kita dari paskibraka menjadi ujung tombak dalam mengetuk tularkan apa yang didapat pada malam hari ini di lingkungannya masing-masing,” tambahnya.

Rachmat berharap dengan adanya kegiatan ini para calon paskibraka memiliki jiwa patriot sehingga, dapat menjadi contoh bagi lingkungannya dan kelak menjadi harapan bangsa serta generasi penerus untuk Indonesia.

Sementara itu, Faza salah seorang Calon Paskibraka dari SMAN 30 Jakarta Pusat menuturkan, dirinya mendapatkan materi yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari maupun sebagai persiapan menjadi calon paskibraka.

“Tadi kita diajarkan tentang Pancasila sebagai dasar negara, sebagai pedoman hidup bangsa, serta isi amandemen, dan juga pembahasan terkait pembukaan UUD 1945,” ungkapnya.

Faza berharap calon paskibraka khususnya di Jakarta Pusat bisa lebih semangat lagi dan menerapkan ilmu yang diberikan pembina dari BPIP pada kegiatan tadi.