Cegah Stunting, Kelurahan Kartini Berikan 21 Anak Makanan Tambahan Bergizi

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Pemberian makanan tambahan bergizi di Kelurahan Kartini. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kelurahan Kartini menggelar pemberian makanan tambahan (PMT) bergizi kepada balita untuk mencegah bertambahnya kasus stunting, di halaman kantor kelurahan setempat, Jumat (8/12).

"Iya kita pada hari ini memberikan makanan tambahan bergizi bagi 21 anak untuk mencegah bertambahnya kasus stunting di wilayah Kelurahan Kartini," kata Lurah Kartini Ati Mediana.

Ati menjelaskan, stunting di wilayah Kelurahan Kartini cenderung tetap tidak naik atau pun turun. Oleh karena itu, pihaknya terus melakukan perbaikan untuk menurunkan stunting dengan cara terus memberikan makanan tambahan yang bergizi.

Dalam kegiatan PMT ini, lanjutnya, Kelurahan Kartini mendapatkan bantuan dari Kecamatan Sawah Besar terdiri dari makanan ringan, makanan siap saji, dan bingkisan.

Menurut Ati, selain bantuan didapatkan melalui CSR ada juga bantuan swadaya warga masyarakat yang memiliki usaha. Bantuan tersebut berupa dana yang nantinya di kelola untuk dijadikan makanan tambahan bergizi.

"Ada beberapa warga masyarakat yang memang mempunyai usaha kita minta bantuan berupa makanan ataupun dana yang kita olah bersama kader posyandu untuk membuat makanan siap saji," terang Ati.

Kedepannya untuk mencegah stunting lanjut Ati, akan mengambil langkah-langkah dan berkolaborasi dengan puskesmas, jajaran PKK, hingga kader posyandu.

"Tentunya saya akan berkolaborasi dengan puskesmas, jajaran PKK hingga kader posyandu yang memang mereka rutin tiap bulannya melakukan evaluasi terhadap kasus stunting. Kita akan mengecek lebih teliti lagi sesuai dengan arahan pimpinan jangan sampai ada satu anak yang tidak terdata," ujarnya