Dhany Sukma Minta Pengelola Gedung Tanam Pohon

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma meminta semua pihak untuk menanam pohon guna menciptakan kualitas udara yang baik dan bebas polusi.

"Untuk para pemilik gedung diharapkan bisa menanam pohon dilingkungan kompleksnya, jadi di lahan kosong kalaupun ada aset yang mungkin belum dibangun kita berharap bisa ditanamkan pohon yang diameternya 25 centimeter dengan tinggi 3 meter," ucap Dhany, saat memimpin rapat Aksi Penanaman Pohon oleh para Pengelola Gedung, di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (4/9).

Nantinya, lanjut Dhany, pada tanggal 11 dan 13 September mendatang, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo akan melakukan pencanangan gerakan menanam pohon.

"Insya Allah pada tanggal 11 dan 13 Bapak Presiden akan melakukan pencanangan menanam pohon, lokasinya di mana kami kurang tahu  tapi tidak menutup kemungkinan beliau akan ke Jakarta Pusat," jelasnya.

"Lahan sementara yang telah kita siapkan untuk ditanam pohon oleh Bapak Presiden itu tempatnya di area Waduk Melati, di situ ada lahan yang sengaja kita kosongkan," tambahnya.

Di tempat yang sama, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting menambahkan, selain ikut serta dalam menanam pohon para pemilik gedung juga diminta untuk memberikan pohon kepada warga sekitar.

"Seluruh gedung-gedung yang ada di wilayah Jakarta Pusat dapat menanam pohon di lingkungannya masing-masing kemudian mereka juga memberikan pohon kepada warga sekitar dan menyiapkan stok pohon untuk didistribusikan ke tempat-tempat yang bisa ditanamkan," katanya.

Rencana tanggal 11 September, lanjut Ginting, sesuai arahan dari Pak Wali akan dilakukan secara serentak penanaman pohon di Waduk Melati.