Dinas PPAPP Berikan Layanan Psikososial Bagi Korban Kebakaran Gang Kober II

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Layanan Psikososial bagi korban kebakaran. Foto: Andreas Pamakayo

Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) Provinsi DKI Jakarta  melakukan layanan Psikososial bagi korban kebakaran, di Jalan Kebon Jahe, Gang Kober II, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jumat (25/8). 

Sekretaris PPAPP DKI Jakarta Darwoto mengatakan, layanan psikososial berupa trauma healing bagi anak-anak dan orang dewasa agar tidak merasa ketakutan, was-was, serta membangkitkan semangat pribadinya. 

"Khusus untuk anak-anak, Trauma healing diberikan dengan mengajak anak-anak bermain, bernyanyi, hingga menari untuk melupakan musibah yang melanda," katanya. 

Menurutnya, Dinas PPAPP juga membuka meja konseling bagi korban kebakaran, juga bisa lewat telepon, whatsApp, atau zoom. "Kita juga ada Pusat Pelayanan Keluarga (PUSPA) bisa juga konsultasi di puspa.jakarat.go.id," jelasnya. 

Darwoto juga merasa prihatin atas musibah ini dan merupakan sebuah pelajaran agar lebih berhati-hati mengelola api. 

Selain layanan dukungan Psikososial, Dinas PPAPP juga memberikan bantuan spesifik perempuan dan anak, terdiri dari, pembalut dewasa sebanyak 2 Dus (864 pads), sabun mandi bayi sebanyak 2 Dus (24 pcs), diapers sebanyak 2 Dus (256 pads), susu lansia sebanyak 5 Dus (60 boks), biskuit milna sebanyak 1 Dus (48 boks), dan biscuit regal sebanyak 1 Dus (48 rol).