Flona 2023, Stan Jakpus Angkat Tema Refleksi

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Wali kota dan Ketua TP PKK mengunjungi stan Jakarta Pusat. Foto: Maulana

Gebyar Flora dan Fauna (Flona) 2023 yang di selenggarakan rutin tiap tahun oleh Pemprov DKI Jakarta kembali digelar di Lapangan Banteng, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Jumat (15/9).  

Pada Flona 2023 seluruh lima wilayah kota dan satu kabupaten menampilkan gaya dan estetika stan yang berbeda, salah satunya Jakarta Pusat. 

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma yang hadir dalam pembukaan Flona 2023 mengatakan, pada tahun ini Jakarta Pusat mengusung tema Refleksi, di mana Jakarta Pusat merupakan refleksi dari sebuah pusat kota yang di dalamnya ada perpaduan warna biru dan hijau. 

“Jakarta Pusat banyak gedung bertingkat dengan sentuhan kaca, di sini ada warna biru artinya air dan hijau artinya pohon. Miniatur itu kami bawa ke sini, salah satunya miniatur Jalan Letjen Suprapto,” kata Dhany. 

Stan seluas 10x10 tersebut juga dilengkapi bangunan kaca di dalamnya ada miniatur perpustakaan dan souvenir kerajinan tangan khas Jakarta Pusat. 

“Lalu ada miniatur tirai air, karena kita peduli dengan isu polusi udara. Tirai air ini berfungsi menangkal polutan,” ujarnya. 

Dhany berharap pengunjung yang datang ke stan Jakarta Pusat akan menemukan sesuatu hal yang berbeda yaitu, sejuk, hijau, dan dimanjakan dengan suara percikan air dari tirai air yang menenangkan secara psikologis. 

“Lalu kami ada lokasi untuk berswafoto bagi pengunjung. Pengunjung yang membawa anak juga dimanjakan dengan permainan anak yang ada di stan,” tutup Dhany.