Giat PSN di Tanah Tinggi Libatkan Mahasiswa STIKES RSPAD

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Pemeriksaan jentik nyamuk di kamar mandi rumah warga. Foto: Malik Maulana

Kader Jumantik Kelurahan Tanah Tinggi bersama unsur masyarakat lainnya melaksanakan kegiatan Jumat Keliling (Jumling) dan monitoring Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di wilayah RW 01, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (13/1).

Beberapa lokasi yang menjadi titik rawan keberadaan jentik nyamuk menjadi target pemeriksaan kader Jumantik yang bertugas sejak pukul 08.00 WIB pagi.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Johar Baru Andre Ravnic meminta kepada para kader Jumantik agar lebih maksimal dalam melakukan pemantau jentik di wilayahnya. "Ya tentu dengan harapan mengurangi adanya penyebaran nyamuk DBD khususnya di RW 01," ujarnya didampingi Plt Lurah Tanah Tinggi Ferry.

Andre mengaku pihaknya selalu memberikan motivasi kepada para kader untuk meningkatkan kinerja di lapangan dan rajin mengingatkan masyarakat untuk menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggal.

"Mudah-mudahan tidak hanya di Tanah Tinggi, tapi di seluruh wilayah di Johar Baru, dengan turun langsung ke masyarakat melakukan tugas dari hati ke hati," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Puskemas Kelurahan Tanah Tinggi Arvianita menerangkan, kegiatan Jumat Keliling kali ini melibatkan kelompok mahasiswa dari STIKES RSPAD Gatot Soebroto jurusan keperawatan.

"Kita mengenalkan kepada mahasiswa sistem jumantik dalam memontoring jentik untuk pencegahan DBD di Tanah Tinggi," kata Nita usai kegiatan.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan kepada mahasiswa bahwa kegiatan PSN hanya salah satu cara  pencegahan nyamuk DBD.

"Kebersihan rumah itu juga menjadi prioritas utama, tidak hanya tampungan air tapi lokasi penyimpanan barang bekas seperti botol bekas, tumpukan baju yang belum dicuci itu juga jadi fokus," lanjutnya.

Dalam kegiatan yang menyusuri empat RT ini, tidak ditemukan adanya jentik nyamuk. Namun, pihaknya tetap mengimbau kepada warga untuk selalu mewaspadai keberadaan jentik yang rawan muncul di cuaca yang tak menentu seperti saat ini.