Gunakan Alat Berat, Sudin SDA Keruk Kali Utan Kayu

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Pengerukan Kali Utan Kayu. Foto: Maulana

Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) bersama Satuan Pelaksana (Satpel) SDA Kecamatan Kemayoran melakukan pengerukan dengan alat berat menggunakan dua excavator amfibi, di Kali Utan Kayu, Jakarta Pusat, Kamis (12/1) pagi.

Kepala Satuan Pelaksana (Kasetpel) SDA Kecamatan Kemayoran Supriadi mengatakan, pengerukkan ini dilakukan guna mengantisipasi terjadinya genangan air saat intensitas hujan tinggi.

"Pengerukkan Kali Utan Kayu ini dilakukan mulai dari segmen SPBU Shell hingga jembatan Sumur Batu Kodam dengan total panjang 350 meter dan ditargetkan pengerukan ini akan selesai selama 6 bulan," ucapnya.

Pengerukan, lanjut Supriadi, dari segmen SPBU Shell ini baru sampai di Masjid Baitul Rahman Cempaka Baru dengan panjang 150 meter yang sudah dikerjakan.

"Kami sudah melakukan pengerukan sepanjang 150 meter di segmen SPBU Shell hingga Masjid Baitul Rahman Cempaka Baru dengan kedalaman 1 meter, namun terdapat kendala selama pengerukan ini yaitu adanya jembatan penyeberangan orang jadi membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memindahkan alat beratnya," jelas Supriadi.

Supriadi berharap dengan adanya pengerukkan ini dapat mengurangi genangan yang ada di Cempaka Baru dan Sumur Batu, sehingga tidak ada turap yang longsor bahkan jebol.