Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Jakpus Serahkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran

Reporter: Angga Rizkyanda | Editor: Andreas Pamakayo

Pemberian bantuan bagi penyintas kebakaran Jalan Kebon Jahe. Foto: Angga Rizkyanda

Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTK) Jakarta Pusat memberikan bantuan bagi korban kebakaran yang terjadi di Jalan Kebon Jahe, Gang Kober II, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir.

Bantuan tersebut secara simbolis diberikan oleh Ketua IGTK Jakarta Pusat Siti Rodiah kepada Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah dan perwakilan guru dari sekolah yang terkena dampak kebakaran, di Ruang Tamu PKK, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (31/8).

Dalam kesempatan ini, Ucu Jamilah mengucapkan terima kasih dan juga mengapresiasi IGTK Jakarta Pusat, para orang tua, dan guru yang telah bergerak untuk membantu para penyintas kebakaran. 

“Hari ini, kami menerima donasi dari IGTK Jakarta Pusat. Mereka memberikan donasi dalam bentuk uang, alat tulis, dan obat untuk anak-anak TK maupun masyarakat penyintas kebakaran. Kami ucapkan terima kasih untuk para donatur khususnya para orang tua dan guru yang bergerak untuk kepedulian musibah ini,” ujarnya. 

Ucu pun berharap, bantuan yang telah diberikan IGTK Jakarta Pusat dapat bermanfaat untuk anak-anak maupun warga penyintas kebakaran. “Selanjutnya bantuan ini kami akan serahkan kepada Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat agar nantinya dibagikan untuk penyintas kebakaran,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua IGTK Jakarta Pusat Siti Rodiah mengatakan, IGTK Jakarta Pusat memberikan bantuan berupa uang sebesar Rp22.500.000, serta 20 set alat tulis dan 1 dus berisi 48 botol vitamin daya tahan tubuh yang akan dibagikan untuk anak-anak TK maupun warga terdampak kebakaran.

“Hari ini kami serahkan bantuan berupa uang sebesar Rp22.500.000 yang akan kami bagi dua plotnya, yaitu untuk anak-anak TK dan korban kebakaran lainnya. Dan ada beberapa sponsor yang memberikan berupa barang, yaitu alat tulis dan vitamin. Untuk alat tulis kurang lebih ada 20 set dan vitamin ada 1 dus berisi 48 botol,” jelasnya. 

Siti Rodiah menuturkan, ini merupakan hasil bantuan dari anak-anak TK, para orang tua, dan guru di delapan kecamatan yang ada di Jakarta Pusat. “Untuk teknisnya kita berkoordinasi melalui whatsapp dan Alhamdulillah dari masing-masing pengurus kecamatan mengumpulkan di satu bendahara dan kita bagi sesuai kebutuhan,” tuturnya.

Siti Rodiah pun berharap, sumbangan ini bisa bermanfaat dan juga menjadi pembelajaran Kurikulum Merdeka untuk menumbuhkan rasa empati kepada anak-anak agar dapat ikut merasakan dan memberikan sesuatu kepada sesama. 

“Kebetulan kita ini ada dalam pembelajaran Kurikulum Merdeka yaitu, P5-nya pendalaman karakter. Sehingga, kita masukan ke dalam pembelajaran untuk menumbuhkan rasa empati kepada anak-anak agar dapat ikut merasakan dan memberikan sesuatu kepada sesama,” jelasnya.

Penyerahan bantuan tersebut, turut dihadiri, Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah JP II Bambang Eko Prabowo, Kepala Seksi Sudin Pendidikan Wilayah JP II Nur Dewi Afifah, Pengurus Kecamatan IGTK Jakarta Pusat, dan guru-guru dari sekolah terdampak kebakaran.