Jajaran Kelurahan Gambir Tanam Pohon di Samping Kedubes Amerika

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Penanaman pohon di samping Kedubes Amerika. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jajaran Kelurahan Gambir melakukan penanaman pohon tepatnya berada di kolong rel kereta api samping Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat, Jalan Merdeka Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (11/8). 

Sekretaris Kelurahan (Sekkel) Gambir Aris Susanto mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program penanaman pohon serentak di wilayah DKI Jakarta dalam rangka penghijauan dan mengurangi polusi serta memberikan kesejukan bagi masyarakat Jakarta.

"Target 2.200 pohon ditanam di DKI Jakarta di mana setiap kelurahan menanam 50 pohon," katanya.

Aris menjelaskan, untuk hari ini baru dilakukan penanaman 14 pohon yang terdiri dari 10 pohon jenis mahoni, 2 pohon kelapa, dan 2 pohon sukun.

"Sisanya akan dibagikan ke sekolah-sekolah, gedung-gedung perkantoran, dan warga masyarakat untuk ditanam di lahan mereka. Minggu depan, sebelum peringatan hari kemerdekaan semuanya sudah selesai ditanam," jelasnya.

Menurut Aris, program penanaman pohon ini sangat berdampak baik bagi wilayah Kelurahan Gambir karena dapat membuat lingkungan sekitar menjadi lebih hijau.

"Kita melihat hasil penanaman pohon sebelumnya di Jalan Merdeka Timur, di lingkungan masyarakat, gedung perkantoran, dan lingkungan sekolah menjadi lebih rindang, hijau, dan nyaman dilihat," ucapnya.

"Saya juga berharap program penanaman pohon dapat terus berkelanjutan sehingga, dapat menurunkan polusi udara dan menambah kesejukan Jakarta," tandasnya.