Jelang Nataru, Forkopimko Jakpus Amankan 87 Sajam dari Pelaku Tawuran

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Penyitaan sajam hasil dari tawuran di wilayah Johar Baru dan Menteng. Foto: Vhatra

Dalam upaya menjaga ketertiban dan antisipasi tindak kejahatan menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) serta pesta demokrasi yang akan datang Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Jakarta Pusat terus melakukan penegakkan hukum di wilayahnya.

Salah satunya, penangkapan tersangka pelaku tawuran dan peredaran narkoba yang terjadi di wilayah Kecamatan Johar Baru dan Menteng.

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro yang memimpin ungkap kasus tersebut mengatakan, pihaknya berhasil mengamankan 87 senjata tajam (sajam) yang digunakan untuk tawuran.

"Kita berhasil menyita 87 barang bukti sajam dari hasil operasi yang kita lakukan selama tiga bulan terakhir bersama tiga pilar Forkopimko termasuk camat dan lurah setempat," katanya, saat Konferensi Pers, di halaman Polres Metro Jakarta Pusat, Sabtu (23/12).

"Kita sepanjang tahun 2023 juga telah mengamankan barang bukti narkotika jenis ganja 233 kg, shabu 43 kg, ekstasi 61.616 butir, dan tembakau gorila 1,6 kg," imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mengatakan, ungkap kasus ini merupakan bentuk komitmen bersama antara Forkopimko Jakarta Pusat dalam menjaga ketertiban di wilayahnya.

"Ini kita jadikan evaluasi untuk terus melakukan penguatan pola komunikasi dan interaksi seluruh unsur masyarakat dalam rangka antisipasi dan penanganan semua potensi kejahatan yang ada di wilayah," ucapnya.

Iqbal menambahkan pihaknya terus melakukan upaya pencegahan seperti sosialisasi ke masyarakat dan patroli gabungan di wilayah-wilayah rawan tawuran dan peredaran narkoba.

"Upaya pencegahan terus kita lakukan bersama tiga pilar. Khusus di wilayah-wilayah rawan tawuran dan peredaran narkoba, kita terus berikan edukasi melalui sosialisasi ke masyarakat dan patroli gabungan," jelasnya.

Konferensi pers ini juga dihadiri, Kepala Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kasuban Kesbangpol) Rachmat Hidayat, Camat Menteng, Suprayogi dan Camat Johar Baru, Nurhelmi Savitri