Jokowi Apresiasi Pedagang Tanah Abang Masuk Ekosistem Digital

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Presiden Jokowi tinjau Pasar Tanah Abang. Foto: Maulana

Persiden Joko Widodo atau biasa disapa Jokowi bersama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono didampingi Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat meninjau Blok A Pasar Tanah Abang, Kelurahan Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang, Senin (2/1).

Ini merupakan tinjauan pertama setelah Jokowi mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada 30 Desember lalu.

“Saya ingin melihat sektor real bergerak seperti apa, karena ini adalah pasar bagi produksi-produksi yang ada di daerah-daerah. Berjalannya dan berhenti produksi terjadi di sini," ujar Jokowi usai melakukan peninjauan.

Jokowi pun mengapresiasi para pedagang Pasar Tanah Abang yang juga telah mulai masuk ke ekosistem digital dengan berjualan secara online.

“Artinya, para pedagang sudah masuk ke market place, masuk ke pasar-pasar online, dan itu bagus. Dua-duanya dijalankan. Saya kira ini sebuah lompatan, masuk ke digital sistem, digital market, dan kita harapkan semakin mempermudah bertemunya antara produsen dengan konsumen, penjual dengan pembeli,” katanya.

Sementara itu, menurut Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, setelah dicabutnya PPKM otomatis aktivitas ekonomi akan lebih leluasa bergerak.

"Mudah-mudahan perekonomian kita akan semakin meningkat, di tahun 2023 kita akan menstimulus UMKM agar lebih berkembang dan daya beli masyarakat meningkat," ucapnya.

Dhany pun menuturkan UMKM binaan Jakpreneur Kota Administrasi Jakarta Pusat telah mendapatkan pelatihan untuk berjualan secara digital.

"UMKM melalui prinsip 7P-nya telah go digital, di mana pemasaran tidak hanya dilakukan secara konvensional tetapi juga sudah secara digital, kalau UMKM mau berkembang memang harus beradaptasi dengan lingkungan yang terus berubah salah satunya digitalisasi," tuturnya.

Dalam tinjauannya Presiden Jokowi juga sempat menyapa dan berswa foto bersama para pedagang di Pasar Tanah Abang Blok A.