Kabag PKLH: Adipura Lebih dari Sekedar Lomba

Reporter: Faisal Magang | Editor: Andreas Pamakayo

Pembinaan Pengelolaan Lingkungan Bersih Hijau dan Sehat dalam rangka Persiapan Pemantauan Adipura Tahun 2023. Foto: Faisal Magang

Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Kota Administrasi Jakarta Pusat Martua Sitorus membuka pembinaan Pengelolaan Lingkungan Bersih, Hijau, dan Sehat dalam rangka Persiapan Pemantauan Adipura Tahun 2023, di RPTRA Johar Baru Berseri, Kecamatan Johar Baru, Selasa (26/9).

Martua mengatakan, sosialisasi ini diberikan rutin oleh Sudin LH Kota Administrasi Jakarta Pusat terhadap masyarakat sebagai pemahaman dari arti kebersihan lingkungan yang bisa dijadikan sebagai budaya di wilayah Kecamatan Johar Baru.

"Semua titik wilayah yang telah ditentukan sudah kami monitoring secara berkala dan menurut kami hasil monitoring tersebut cukup memuaskan. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan oleh warga sekitar yaitu, menjaga lingkungan setempat agar dapat terus dikembangkan lagi kedepannya," kata Martua.

Meski begitu, lanjutnya, Adipura tidak dibebankan untuk masyarakat karena bukan merupakan suatu ajang lomba, melainkan bagaimana masyarakat merasa bahwa betapa pentingnya menjaga kebersihan, keindahan, serta memberikan edukasi kepada keluarga untuk tetap mencintai dan peduli terhadap lingkungan.

"Harapan kami tentunya dapat mempertahankan Predikat Adipura untuk Kota Metropolitan DKI Jakarta " ucapnya.

Martua pun meminta masyarakat agar tetap konsisten dalam menjalankan program kebersihan yang berada di DKI Jakarta khususnya Jakarta Pusat.