Kabag PKLH Optimis Jakpus Kembali Raih Adipura

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Kabag PKLH Kota Administrasi Jakarta Pusat Martua Sitorus. Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Lingkungan Hidup mengadakan pembinaan Pengelolaan Lingkungan Bersih, Hijau, dan Sehat dalam rangka persiapan Adipura Tahun 2023, di Aula Kantor Kecamatan Tanah Abang, Kamis (5/10).

Kepala Bagian (Kabag) Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Kota Administrasi Jakarta Pusat Martua Sitorus mengatakan, pembinaan ini dalam rangka persiapan verifikasi lapangan Adipura Kecamatan Tanah Abang yang terdapat 15 titik pantau.

"Rata-rata kita lihat kesiapannya sudah baik tinggal sisa hari ini menuju nanti tanggal 9 Oktober coba dibenahi lagi. Sehingga, nilai yang kita dapatkan bisa lebih maksimal," katanya.

Martua menuturkan, wilayah Kecamatan Tanah Abang merupakan kecamatan yang paling dekat dengan Kementerian Lingkungan Hidup sehingga, menjadikan Kecamatan Tanah Abang yang pertama dinilai.

"Target kita sebenarnya bisa meraih peringkat pertama atau nilai tertinggi. Namun, kalau lihat kondisinya memang nilai yang diberikan oleh Kecamatan Tanah Abang ini dari 15 titik itu sudah baik tapi bisa lebih baik lagi," tuturnya.

Menurutnya, ada beberapa warga sudah berbuat dalam pengolahan sampah dari sumbernya namun, tidak tercatat di administrasi sementara hal ini masuk dalam penilaian.

"Jadi administrasi itu menyumbangkan nilai yang cukup lumayan tinggi namun, masih ada yang belum tercatat sehingga akan kita maksimalkan lagi dengan pembinaan khususnya oleh Satpel dari Lingkungan Hidup dan juga nanti dari jajaran kelurahan," ucapnya.

Martua pun mengaku optimis Jakarta Pusat akan kembali mendapat Adipura melihat dari hasil pantauan selama kegiatan pembinaan di delapan kecamatan.

"Saya optimis tahun ini kita bisa meraih nilai paling tinggi untuk adipura di wilayah DKI Jakarta. Harapannya, kita tinggal mempertahankan adipura yang sudah kita raih. Dengan cara yang lebih baik sehingga, kita bisa mendapatkan nilai yang lebih dari yang tahun lalu," harapnya.

Pada pembinaan ini juga dihadiri, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Pusat Slamet Riyadi dihadiri Sekretaris Camat Tanah Abang Joko Damaryanto, perwakilan kelurahan, UKPD terkait, RT-RW dan warga.