Kabag PLH Jakpus Tinjau Tiga Lokasi Penataan Kawasan di Kecamatan Cempaka Putih

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Kabag PLH melakukan peninjauan penataan kawasan triwulan keempat di Kelurahan Cempaka Putih Timur. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kepala Bagian Pembangunan dan Lingkungan Hidup (Kabag PLH) Setko Administrasi Jakarta Pusat Martua Sitorus kembali melakukan peninjauan di tiga lokasi penataan kawasan unggulan Triwulan 4 Tahun 2023 yang kali ini berada di wilayah Kecamatan Cempaka Putih.

Ketiga lokasi yang dikunjungi yaitu, di Jalan Cempaka Putih Tengah Raya RW 06, Cempaka Putih Timur, selanjutnya di Jalan Cempaka Putih Barat depan SMPN 137, dan yang terakhir di Jalan Pramukasari 1 RW 09 Rawasari.

Martua mengatakan, untuk di Cempaka Putih ini ketiga lokasi penataan kawasan berada di jalan protokol yang menata pada bagian trotoar dipadu dengan mural dan penghijauan.

Menurutnya, hampir semua komponen penilaian terpenuhi karena berlokasi di jalan protokol sehingga, ada nilai mengenai penataan PKL dan parkir liar.

“Lokasi penataan kawasan ini bervariasi, bukan hanya di jalan protokol, tapi juga ada di dalam gang, taman atau penataan pinggir kali. Semua bebas menentukan pilihan dan perlu adanya inovasi agar lokasi yang ditata benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Martua menjelaskan, puncak penilaian penataan kawasan ini akan dilaksanakan sebelum akhir Desember ini. “Nanti kita akan lihat kelurahan mana yang terbagus, untuk apresiasi kita akan rembukan dengan yang lainnya, apresiasi apa yang tepat untuk Kelurahan Terbaik,” ungkapnya.

Selain peninjauan penataan kawasan, Kabag PLH bersama perwakilan Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan panen sayuran terong, timun, kangkung, sawi dan pakcoy yang berlokasi di Urban Farming Cempaka Putih Timur.