Kelola Bank Sampah dengan Inovatif dan Kreatif Dapat Tingkatkan Penghasilan

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Bimtek pengembangan ide kreatif dan inovatif pada bank sampah di kantor Kecamatan Kemayoran. Foto: Malik Maulana

Bimbingan teknis (bimtek) pengembangan ide kreatif dan inovatif pada bank sampah berlanjut ke kantor Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (23/6).

Seperti pada kesempatan sebelumnya, materi yang disampaikan mengarahkan masyarakat agar dapat mengolah sampah di tingkat rumah tangga (RW).

"Kegiatan ini merupakan bimbingan teknis kepada masyarakat untuk dapat membuat masyarakat menjadi inovatif, kreatif terkait dengan pengelolaan bank sampah sesuai amanah dari Pergub 33 Tahun 2021," kata Kepala Seksi (Kasie) Peran Serta Masyarakat Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Pusat Binsar Siregar.

Jadi, lanjutnya, bagaimana masyarakat mempunyai inovasi dan kreativitas dalam memilah bank sampah yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan penghasilan.

"Sampah yang masih bisa dikelola maka akan meningkatkan perekonomian. Seperti, mengumpulkan minyak jelantah atau membuat souvernir dari sampah yang dapat dijual untuk pernikahan dan lain sebagainya," ucap Binsar.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan Kemayoran Dwi Sigit Haryono mengaku senang dengan adanya bimtek ini karena, menghadirkan pengalaman dan ilmu baru kepada semua pengurus bank sampah di tiap wilayah.

"Bimtek ini menghadirkan pengalaman serta ilmu-ilmu baru yang bisa ditularkan kepada bapak ibu pengurus bank sampah. Insya Allah bisa disampaikan ke warga di sekitar," katanya.

"Mudah-mudahan acara kita pada pagi hari ini akan membawa manfaat dan berkah buat kita semua," imbuhnya.