Kelurahan Cempaka Baru Tata Wilayah RT 08 Jadi Kawasan Unggulan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Penataan wilayah kawasan unggulan di Jalan E4, RT 08 RW 09, Kelurahan Cempaka Baru. Foto: Maulana

Kelurahan Cempaka Baru kembali melakukan penataan wilayah kawasan unggulan, setelah sebelumnya penataan berada di RW 05, kali ini penataan kawasan unggulan dilakukan di Jalan E4, RT 08 RW 09, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (9/2).

Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan Kelurahan Cempaka Baru Rahmat Hidayat menjelaskan, untuk di wilayah tersebut difokuskan kepada penghijauan sesuai indikator yang ada.

"Kita mural dinding-dinding dan jalan, serta perbaikan saluran air, titik berat ialah mural edukasi yang di mana sebagian besar anak-anak bermain di sini setiap sore. Sehingga kita fokus ke mural yang bertemakan edukasi, pendidikan, hutan, dan habitat laut," jelasnya.

"Kita juga buat vertical garden yang berkolaborasi dengan sudin pertamanan dan hutan kota. Lalu ada tong sampah pilah dari sudin lingkungan hidup dan nanti ada taman literasi juga, sehingga anak-anak yang bermain di sini juga bisa membaca dan diajarkan membuang sampah sesuai jenisnya," imbuhnya.

Rahmat menuturkan, wilayah RT 08 dipilih karena wilayahnya padat penduduk. Diharapkan penataan ini dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh warga sekitar. Selain itu,  masyarakatnya pun mau berkomitmen dan juga ikut menata wilayahnya sendiri.

"Tidak hanya pihak kelurahan dan sektoral masyarakat juga ikut menata, baik anak-anak hingga orang tua semuanya ikut berpartisipasi, aspek itu yang kita ambil," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua RT 08 Siti Sa'ani mengaku senang wilayahnya dipilih menjadi kawasan unggulan. Ia bersama warga siap mendukung kegiatan penataan ini.

"Saya cukup bersyukur, Alhamdulillah dijadikan kawasan unggulan, warga pun mendukung. Setiap hari Minggu warga membantu melukis dan mewarnai mural-mural didinding dengan beragam tema, mulai dari anak-anak hingga dewasa, warga juga telah berkomitmen untuk merawat dan menjaga kawasan unggulan ini," ucapnya.

Menurutnya, komunikasi yang baik membuat warga mau ikut berpartisipasi dalam penataan ini, terlebih konsepnya penghijauan dan edukasi untuk anak-anak.

"Kita juga berdiskusi dengan warga mengenai spot-spot penataan dan mural-nya mau buat apa seperti hutan, laut, jadi membuat anak-anak senang dan teredukasi," ujarnya

"Harapannya semoga seluruh wilayah RT 08 RW 09 bisa dilakukan penataan kawasan seperti ini, sehingga bisa menjadi contoh ataupun tempat pariwisata, edukasi warga, taman bermain anak, walaupun tempatnya kecil tetapi bisa memberikan manfaat untuk warga," tandasnya.