Kelurahan Cempaka Putih Timur Gelar Posyandu Balita

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Posyandu balita di Pos RW 03, Jalan Cempaka Putih Timur 17. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Meski masih di bulan Ramadan, tidak menyurutkan para kader posyandu dan tenaga kesehatan Puskesmas Kelurahan Cempaka Putih Timur untuk melayani pemeriksaan balita di Pos RW 03, Jalan Cempaka Putih Timur 17, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Senin (10/4). 

Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat (Kasie Kesra) Kelurahan Cempaka Putih Timur Yatna Supriatna menjelaskan, posyandu balita dilaksanakan rutin setiap minggu pertama atau kedua tiap bulannya.

“Untuk di lokasi Pos RW 03 itu biasanya ada 60 balita yang rutin memeriksakan kesehatan, dan pada bulan ini kebetulan ada pemberian obat cacing bagi anak usia 12-59 bulan,” katanya.

Menurutnya, dalam setiap pelaksanaan posyandu balita biasanya kader posyandu ada sekitar lima orang, dibantu dengan tenaga kesehatan dari Puskesmas Kelurahan Cempaka Putih Timur yaitu, bidan dan bagian gizi.

Alhamdulillah antusias warga cukup tinggi, hampir di atas 90 persen hadir. Namun, di bulan puasa biasanya agak ngaret untuk mulainya, karena mungkin banyak balita yang masih tidur saat pagi hari,” ujarnya.

Yatna juga berharap para kader posyandu tetap semangat dalam menjalankan setiap kegiatan. 

"Saya berharap dengan adanya posyandu balita ini anak dapat terkontrol kesehatannya. Sehingga, dapat dideteksi sejak dini apabila ada penyakit yang diderita seperti, tengkes atau stunting," tandasnya.