Ketua TP PKK Jakpus Hadiri Wisuda Sekolah Lansia Cempaka

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat hadiri Wisuda Sekolah Lansia Cempaka. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Sekolah Lanjut Usia (Lansia) Cempaka yang berdiri pada 18 Agustus 2023 ini merupakan sekolah khusus lansia pertama di wilayah Jakarta Pusat yang diresmikan oleh Camat Cempaka Putih M. Fauzi. Sekolah ini bertujuan untuk mewujudkan lansia yang sehat, mandiri, sejahtera, dan bermartabat.

Pada kesempatan ini, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah berkesempatan menghadiri wisuda 20 orang Alumni Sekolah Lansia Cempaka, di Pos RW 07, Jalan Cempaka Putih Timur No.51, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih. Kamis (7/12).

Menurut Ucu, dengan adanya Sekolah Lansia Cempaka ini dapat membangun kualitas hidup para lansia dan bisa menginspirasi generasi muda dalam mencari pengetahuan lebih luas lagi.

"Kita melihat semangatnya, ada kualitas hidup yang dibangun sehingga di usia yang tidak muda lagi mereka masih bisa produktif dan bermanfaat bagi lingkungan, khususnya di keluarga masing-masing," ujarnya.

Ucu juga berharap Sekolah Lansia Cempaka ini dapat ditularkan di wilayah lain khususnya Jakarta Pusat, karena banyak hal positif yang dapat dilakukan para lansia untuk mengisi waktu luang.

"Kita udah ngobrol dengan PPAPP, saya harap sekolah seperti ini akan ada di kecamatan, atau bahkan kelurahan-kelurahan lain," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah Lansia Cempaka Sugiyem menjelaskan, di sekolah ini para lansia mendapat beragam pengetahuan mulai dari mengatasi permasalahan keluarga hingga kesehatan, dan keterampilan.

"Kita adakan penyuluhan, ada pelatihan keterampilan membuat kerajinan tangan, dan ada juga pelatihan bermain angklung," terangnya.

Sugiyem mengaku senang dengan adanya Sekolah Lansia Cempaka, dirinya dapat bersosialisasi, bersenda gurau dan berbagi pengalaman dengan sesama lansia.