Ketua TP PKK Lanjutkan Verifikasi Lapangan di Tiga Lokasi

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah meninjau posyandu di Kebon Kelapa. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah melanjutkan kegiatan verifikasi lapangan di sejumlah titik seperti, RW 01 Kebon Kacang, RW 04 Kebon Kelapa, dan RW 08 Tanah Tinggi.

Kegiatan ini dalam rangkaian lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan ini, Ucu kembali menekankan, kegiatan verifikasi bertujuan untuk menyesuaikan hasil paparan kader PKK dengan kondisi asli di lapangan.

"Dari kemarin kita sudah melihat verifikasi dari yang sudah dipaparkan di wilayah itu dan rata-rata semuanya memang sudah hampir merata bagus," ujar Ucu saat meninjau di RW 08 Tanah Tinggi, Kamis (9/3).

Dari hasil verifikasi ini, menurut Ucu, pihaknya akan memilih tiga terbaik di tingkat kota yang kemudian akan dipilih satu terbaik untuk dibawa ke tingkat provinsi, dan pada akhirnya akan dipilih untuk mewakili Provinsi DKI Jakarta.

"Penilaiannya kita punya kriteria dan punya bobot. Nah kalau kita kan ada 5 lomba, ada PIK Keluarga, ada UP2K, produk, kemudian ada Hatinya PKK, ada posyandu, dan ada kader terbaik," lanjutnya.

Dari keseluruhan program ini, Ucu berharap, para kader PKK tidak hanya melihat sebagai suatu kompetisi namun, lebih sebagai motivasi untuk berbuat sesuatu bagi masyarakat.

"Ini sebagai awal untuk berbenah. Saya berharap motivasi semangat kader PKK terus berkepanjangan dalam melaksanakan berbagai kegiatan. Yang sudah berjalan dengan baik ditinggalkan lagi agar semakin baik," terangnya.

Dari tiga lokasi yang ditinjau, Ketua TP PKK bersama jajaran tim verifikasi berkesempatan melakukan panen sayuran hidroponik di RW 08 Tanah Tinggi. 

"Saya menyaksikan gang gang di sini penuh dengan hijau yang asri, tidak hanya asli tapi bisa di dimanfaatkan, dan bisa dikonsumsi oleh warga di sini," ujar Ucu.

Hidroponik sendiri mendukung salah satu program PKK yaitu, Hatinya PKK (Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman) yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat melalui pengembangan usaha tani serta pengolahan hasil tanaman pangan dan hortikultura.