Kominfotik Jakpus Sosialisasi Layanan Keamanan Informasi, Siber, dan Sandi

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi layanan keamanan informasi, siber, dan sandi. Foto: Maulana

Suku Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Sudin Kominfotik) melakukan sosialisasi layanan keamanan informasi, siber, dan sandi pada wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Sosialisasi tersebut berlangsung saat rapat koordinasi wilayah (rakorwil) di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (13/6).

Kepala Seksi Aplikasi, Siber, dan Statistik Sudin Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Pusat Rahmat mengatakan, tujuan sosialisasi ini untuk meningkatkan kesadaran keamanan informasi atau security awareness khususnya bagi para aparatur di Jakarta Pusat.

"Sosialisasi ini untuk meningkatkan keamanan informasi terkait potensi serangan siber di tahun 2023 bagi para aparatur di Jakarta Pusat," jelas Rahmat.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, sosialisasi layanan keamanan informasi sangat penting dan harus dilakukan karena sistem sudah berbasis elektronik sehingga, otomatis pengamanan terhadap sistem jaringan ini juga menjadi kunci penting.

"Jangan sampai sistem yang sudah bagus diserang oleh virus, sistem layanan kita perlu ada pengamanan-pengamanan," ujarnya.

Dhany mengungkapkan, di Jakarta Pusat sudah ada pengamanan melalui siber dan sandi negara, juga Kominfo yang akan memantau di unit Kota Administrasi Jakarta Pusat mulai dari kecamatan dan tingkat kotanya.