KPKP Gelar Pelatihan Hasil Olahan Pangan Ternak di RPTRA Matahari

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan diversifikasi hasil olahan pangan ternak. Foto: Maulana

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar pelatihan diversifikasi hasil olahan pangan ternak yang diikuti 50 peserta, di RPTRA Matahari, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Selasa (29/8) pagi.

Peserta pelatihan ini berasal dari dua kecamatan, 25 orang dari Kecamatan Cempaka Putih dan 25 orang lagi dari Kecamatan Johar Baru.

Kepala Suku Dinas (Kasudin) KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti mengatakan, pelatihan ini merupakan pelatihan diversifikasi hasil olahan peternakan keempat atau penutup di tahun 2023 ini.

"Respon masyarakat bagus sekali dan semangat apalagi menu yang disajikan beragam dan bisa menjadi peluang usaha dengan inovasi dan modifikasi," katanya.

Menurutnya, dalam pelatihan ini para peserta mendapatkan stimulasi barang yaitu, panci tiga susun serta ilmu yang bermanfaat mulai dari memilih ayam yang ASUH (Aman Sehat Utuh, dan Halal) dan praktik membuat makanan olahan.

"Kedepannya berkembang menjadi Jakpreneur akan kita fasilitasi dan bantu izin-izinnya serta jika ada bazar kita ikut sertakan," ucapnya.

Sementara itu, Camat Cempaka Putih, Fauzi menyambut baik pelatihan ini di tengah gencarnya perbaikan gizi.

"Ini menjadi pengetahuan baru bagi masyarakat sehingga anak-anak mereka tidak bosan mengonsumsi makanan bergizi. Saya ucapkan terima kasih dan saya yakin ini memberikan banyak manfaat," ucapnya.

Fauzi menuturkan dengan pelatihan ini akan memunculkan wirausaha baru dan meningkatkan geliat perekonomian masyarakat.

"Peluangnya saya kira ada seperti kemarin saya menggelar bazar dan laporannya semua laris barang-barang yang dijual para UMKM, ini peluang bagi para Jakpreneur, semoga pelatihan ini terus berlanjut pada masa yang akan datang," tandasnya.

Dalam kegiatan ini turut dihadiri Ketua Komisi B DPRD DKI Jakarta Ismail, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Johar Baru Andre Ravinic, dan Plt Lurah Cempaka Putih Timur Nurhadiyat.