Lebaran Tenabang Tampilan Ragam Budaya Khas Betawi

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Lebaran Tenabang 2023. Foto: Berlian Sigit

Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir bersama Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan DKI Jakarta serta tiga pilar membuka acara Lebaran Tenabang 2023.

Acara tersebut berlangsung di Jalan K.H Mas Mansyur tepatnya depan Kantor Kecamatan Tanah Abang, Sabtu (27/5).

Lebaran Tenabang merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tahunnya dengan menampilkan beragam budaya khas Betawi, seperti makanan, minuman, dan pakaian.

Pada kesempatan ini, Chaidir menyampaikan amanah sambutan dari Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma yang menyatakan, Lebaran Tenabang ini merupakan ajang halalbihalal masyarakat Tanah Abang untuk dapat saling bermaaf-maafan.

"Marilah kita saling memaafkan dan saling memperbaiki hubungan yang mungkin sempat merenggang akibat perbedaan pendapat atau kesalahan pahaman," katanya.

Lebaran Tenabang tahun ini, lanjut Chaidir, tidak hanya diisi dengan halalbihalal saja melainkan diisi dengan lomba mewarnai, lomba menguliti kambing, lomba koreografi silat, palang pintu, live musik, serta orkes sambrah.

Melalui Lebaran Tenabang ini diharapkan dapat memperkuat ukhuwah Islamiyah, dan menumbuhkan rasa kebersamaan yang kokoh.

"Harapannya agar menjadi satu kesatuan yang utuh seperti negara kita NKRI, walaupun berbeda-beda tetapi tetap menyatu," harapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana mengatakan, tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar warga DKI Jakarta.

"Berbahagialah menjadi warga Tanah Abang, terutama warga asli Tanah Abang karena banyak seniman Betawi kelahiran Tanah Abang," ucapnya.

"Jagalah tali silaturahmi yang baik, mudah-mudahan kegiatan ini bisa terus semarak dan menjadikan pembelajaran buat kita semua akan pentingnya ukhuwah Islamiyah dan tali persaudaraan yang baik," imbuhnya.